Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Lavrov: Rusia Tidak Akan Perangi Turki

Kompas.com - 25/11/2015, 20:11 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov, Rabu (25/11/2015), mengatakan bahwa Rusia tidak berencana berperang melawan Turki pasca-penembakan pesawat Rusia oleh Turki.

“Pandangan kita terhadap warga Turki tidaklah berubah, namun Rusia mempertanyakan kepemimpinan politik di Turki," ucapnya.

Lavrov mengatakan, penembakan itu adalah “provokasi” yang disengaja. Dia menyebut bahwa ada kelompok teroris yang menggunakan wilayahTurki untuk melancarkan serangan teror ke negara lain.

Dia tidak merinci lebih jauh kelompok teroris mana yang dimaksud. Namun diplomat kawakan ini juga menuturkan bahwa penembakan itu hanya berselang setelah Rusia membombardir infrastruktur minyak yang dikuasai oleh kelompok teroris di perbatasan antara Turki dan Suriah.

Lavrov yang membatalkan kunjungannya ke Ankara setelah insiden diplomatik ini menyampaikan bahwa Rusia akan mengkaji ulang hubungan diplomatik antara kedua negara ini.

Dia tidak menyebut lebih jauh apa tindakan yang akan diambil negeri Beruang Merah itu.

Pemerintah Rusia telah melarang warganya untuk berkunjung ke Turki di musim liburan ini. Adapun Lavrov mengatakan larangan ini diberlakukan karena ancaman terorisme di Turki bukan semata-mata karena kejadian penembakan tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com