Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Teroris Paling Dicari di Eropa Lari ke Jerman dengan BMW

Kompas.com - 23/11/2015, 09:31 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com — Salah Abdelslam, tersangka teroris yang paling dicari di Eropa, sekali lagi dilaporkan telah terlihat oleh polisi.

Namun, dia berhasil melarikan diri dari penangkap dan diduga sedang menuju perbatasan Jerman dengan sebuah mobil BMW.

Para penyidik federal Belgia mengakui dalam sebuah jumpa pers pada Minggu (22/11/2015) tengah malam bahwa operasi besar-besaran yang dilancarkan polisi dan tentara di seantero negara itu pada hari Minggu malam telah gagal menangkap tersangka teroris itu. Salah diduga berpartisipasi dalam serangan di Paris itu pada 13 November 2015.

Dia terlihat oleh polisi Belgia di dekat kota Liege pada sekitar pukul 19.30 hari Minggu malam. Namun, Salah berhasil menghindari petugas. Demikian menurut laporan Dernier Heure.

Salah kemudian menuju ke arah Jerman di jalan tol E40 dan lagi-lagi menghindari sebuah pos pemeriksaan yang dibentuk polisi untuk mencegat dia.

Para penyidik hanya menegaskan bahwa Abdelsam tidak termasuk di antara 16 orang yang ditangkap dalam 19 penggerebekan pada hari Minggu. Polisi menolak untuk menjawab pertanyaan tentang keberadaan Salah.

Sejumlah penggerebekan berlangsung hari Minggu setelah Perdana Menteri Belgia menegaskan bahwa ada sebuah ancaman serangan teroris yang bersifat "segera dan serius".

Brussels pun dalam kondisi siaga tinggi. Petugas keamanan terlihat di pusat-pusat kota dan layanan metro dibatalkan sampai Senin pagi ini.

Pada pagi setelah serangan pada Jumat 13 November di Paris, Abdelslam dihentikan oleh polisi Perancis di dekat perbatasan Belgia. Saat itu, ia berada dalam sebuah mobil bersama dua pria lain.

Namun, polisi mengizinkan dia melanjutkan perjalanan karena mereka belum tahu tentang dugaan keterlibatannya dalam pembantaian di Paris.

Salah dilaporkan telah terlihat beberapa kali di beberapa lokasi di ibu kota Belgia.

Polisi Brussels mengungkapkan, dalam operasi pada hari Minggu, mereka menembak sebuah mobil yang mendekati sebuah penghalang jalan di daerah Molenbeek.

Hakim federal, Eric van der Sypt, mengatakan, pengendara mobil itu melarikan diri. Namun, polisi kemudian menemukan mobil tersebut dengan seorang yang terluka di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com