Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DK PBB: Lawan ISIS dengan Segala Cara

Kompas.com - 21/11/2015, 12:46 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Dewan Keamanana PBB, Jumat (20/11/2015), mengizinkan penggunaan "segala cara" untuk memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam sebuah resolusi yang didukung seluruh anggotanya.

Dalam resolusi yang rancangannya disusun Perancis itu menyerukan seluruh anggota PBB untuk menggandakan dan mengkordinasikan upaya mereka untuk mencegah dan mengalahkan serangan teroris yang terkait ISIS atau Al Qaeda.

Presiden Perancis Francois Hollande menyambut baik terbitnya resolusi Dewan Keamanan PBB.

Hollande mengatakan, resolusi itu akan membantu negara-negara dunia memobilisasi kekuatan mereka untuk menghancurkan Daesh, sebutan ISIS dalam bahasa Arab.

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius mengatakan, negara-negara dunia kini harus menemukan langkah konkrit untuk meningkatkan upaya melawan terorisme.

Perlawanan itu harus dilakukan baik lewat aksi militer maupun upaya pencarian solusi politik atau memerangi sumber keuangan para teroris.

Meski demikian, resolusi itu tidak memberikan dasar hukum untuk menggelar aksi militer.

Resolusi itu juga tidak mengutip bab tujuh Piagam PBB yang memperbolehkan penggunaan kekuatan militer saat dibutuhkan.

Namun, para diplomat Perancis menegaskan, negeri itu akan terus memberikan dukungan politik terhadap sebuah kampanye anti-ISIS yang semakin besar pasca-serangan di Paris.

"Resolusi ini adalah sebuah pengakuan internasional yang kuat terhadap ancaman yang disebarkan ISIS," ujar Duta Besar Inggris di PBB. Matthew Rycroft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com