Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Mengangkat Masalah Migran di Kongres AS

Kompas.com - 25/09/2015, 08:13 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Paus Fransiskus menyampaikan pidatonya di Gedung Capitol, Washington, di depan para anggota Kongres Amerika Serikat.

Dia merupakan pemimpin umat Katolik pertama yang berbicara di depan anggota Kongres dari Partai Demokrat maupun Partai Republik.

Dalam pidatonya, Paus antara lain menyerukan agar Amerika Serikat menolak permusuhan atas kaum pendatang dan memperlakukan mereka secara manusiawi.

"Membangun sebuah bangsa meminta kita untuk mengakui bahwa kita harus secara terus-menerus berkaitan dengan orang lain dan menolak kerangka berpikir yang bermusuhan," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa krisis migran global saat ini membawa tantangan, tetapi mereka harus dilihat sebagai manusia dan diperlakukan dengan pendekatan kemanusiaan.

Pidatonya berulang kali terputus karena tepuk tangan dari para anggota Kongres.

Sementara itu, ribuan orang berkumpul di luar, bagian West Lawn dan National Mall, untuk mendengarkan pidato Paus yang disiarkan langsung lewat pengeras suara.

Seusai pidato, Paus menyempatkan diri untuk tampil di teras Gedung Capitol untuk menyapa mereka.

Hari Rabu (24/9/2015) waktu setempat Paus memicu perdebatan di kalangan warga AS setelah menyerukan aksi untuk mengatasi pemanasan global.

Paus Fransiskus juga mengundang kontroversi dengan menahbiskan seorang misionaris abad ke-18, Junipero Serra, sebagai seorang santo, yang dikecam oleh sebagian kalangan asli Amerika.

Namun, umat Katolik yang berasal dari kawasan Amerika Latin menyambut penahbisan itu karena dilihat sebagai pengakuan atas sejarah gereja di kawasan penduduk Hispanik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com