Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Kudeta Bebaskan Presiden Burkina Faso

Kompas.com - 19/09/2015, 14:42 WIB
KOMPAS.com - Para pemimpin kudeta di Burkina Faso mengatakan mereka telah membebaskan presiden sementara negara itu sebagai tanda idtikad baik setelah kudeta hari Rabu (16/9/2015).

Para pemimpin kudeta mengatakan dalam pernyataan bahwa Presiden sementara Michel Kafando sekarang berada dalam kediaman resminya dan mengatakan tindakan membebaskannya sebagai “tanda peredaan ketegangan.”

Kafando, yang ditahan ketika para anggota pengawal kepresidenan menerobos masuk ke dalam rapat kabinet hari Rabu, belum mengeluarkan pernyataan atau tampil di depan umum.

Perdana Menteri Burkina Faso, Isaac Zida, yang ditahan pada waktu yang sama dengan Presiden, kabarnya masih tetap dalam tahanan rumah.

Uni Afrika menskors Burkina Faso hari Jumat karena kudeta itu dan mengancam sanksi terhadap para pemimpin kudeta kecuali kalau mereka membebaskan presiden sementara dan perdana menteri negara itu.

Dewan Keamanan dan Perdamaian Uni Afrika mengumumkan keputusan itu setelah pertemuan sebelumnya hari Jumat di Addis Ababa. Dewan tersebut mengatakan melalui Twitter bahwa Uni Afrika tidak akan mengakui atau mendukung setiap proses politik di Burkina Faso di luar transisi yang diluncurkan bulan November tahun lalu.

Juga hari Jumat, presiden Senegal dan Benin terbang ke Burkina Faso dan memulai pembicaraan dengan pemimpin kudeta Jenderal Gilbert Diendere.

Kudeta tersebut menimbulkan protes di jalan-jalan ibukota, yang diteruskan hari Jumat. Para saksi mengatakan pasukan melepaskan tembakan ke udara untuk mencegah demonstran berkumpul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com