Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babi Ini Bisa Ikuti Perintah seperti Anjing

Kompas.com - 18/09/2015, 10:36 WIB
KOMPAS.com — Seekor babi betina berusia 13 bulan ini disebut-sebut sebagai babi paling pintar di Lembah Derwent, Tasmania, Australia. Layaknya anjing, babi bernama Tina ini mampu memahami sejumlah perintah dari pemiliknya.

Seperti kebanyakan hewan peliharaan, Tina kerap dibawa serta oleh pemiliknya ke pasar dan tempat-tempat lain. Tina juga tinggal di dalam rumah bersama pemiliknya.
 
Namun, babi kecil ini lebih sering menghabiskan waktunya duduk manis mengikuti perintah tuannya demi mendapatkan makanan favoritnya.
 
Tina sang babi pintar ini sengaja dilatih untuk memahami perintah layaknya anjing oleh sang pemilik. Karenanya, Tina saat ini bisa diperintah untuk duduk manis demi mendapatkan roti krim dan selai sandwich.
 
Tina merupakan bagian dari 22 babi jenis Wessex Saddleback milik Patricia Kelsall dan Garry Roohan yang tinggal di Tynwald Willow Bend Estate di New Norfolk. Namun, Tina tumbuh menjadi babi favorit bagi kedua pemiliknya.
 
"Empat tahun lalu, kami memutuskan untuk memelihara babi untuk diternakkan dan dijual ke restoran," kata Kelsall.
 
Namun, perbedaan menonjol yang dimiliki Tina dibandingkan babi-babi yang lain langsung memikat hati pemiliknya sehingga mereka memutuskan untuk memeliharanya. "Dia lucu sekali, dan badannya lebih kecil dibandingkan babi-babi yang lain," kata Kelsall. "Gary berpikir 'Oh ini istimewa, kita bisa mengajarinya beberapa trik,' dan ternyata dia memang bisa."

Tina sekarang menjadi bintang dari lembah Derwent. Roohan menyaksikan sendiri kelahiran babi peliharaannya, dan langsung menyadari bahwa babi betina itu unik dan istimewa sejak berumur 6 pekan.
 
"Induknya memang sangat pandai melarikan diri, dan Tina sering melakukannya juga. Karena badannya lebih kecil dibandingkan anak babi yang lain, Tina jadi sangat terbiasa menerobos masuk pagar. Dia tahu di mana kaleng makanan ternak disimpan, dan terus mengikuti saya ke mana saja saya pergi hingga dia diberi makanan. Jadi, begitulah kelebihan Tina dibandingkan babi peliharaan kami yang lain."
 
Roohan kemudian mengajarkan Tina untuk duduk seperti perintah yang biasa diberikan pada anjing. Ia mengajarkannya selama dua pekan dengan menggunakan umpan makanan di tangan. "Dia biasa masuk ke dalam rumah dari pintu belakang, dan mengetuknya sebelum masuk," kata Kelsall.
 
"Saya pikir akan menyenangkan sekali jika kita bisa  melatihnya seperti anjing, dan membiarkannya tinggal di ruang sarapan. Namun, binatang ini tidak bisa diam seperti anjing. Sebaliknya, dia akan terus berjalan-jalan berkeliling rumah selama dua jam."
 
Kelsall mengatakan, dia berencana untuk membiakkan Tina untuk menciptakan keluarga babi yang pintar.
 
Dia juga berencana mengikutsertakan Tina dalam kejuaraan ternak di Royal Hobart Show. "Kami berharap dia bisa memiliki sejumlah anak. Ini belum, memang. Namun, saya harap, hal tersebut bisa terjadi dalam waktu dekat. Dia belum hamil, tetapi sepertinya dia sudah siap untuk kawin."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com