Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas ISIS Serang Televisi Perancis

Kompas.com - 09/04/2015, 12:24 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Jaringan televisi Perancis TV5MONDE mengatakan, mereka mengalami serangan yang "belum pernah terjadi sebelumnya" dari peretas yang berafiliasi dengan kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

TV5MONDE mengatakan, stasiun televisi mereka, situs, dan akun-akun media sosial mereka semua diretas.

Para peretas juga mengunggah dokumen-dokumen yang terlihat sebagai kartu tanda pengenal dari kerabat tentara Perancis yang terlibat dalam operasi anti-ISIS.

TV5MONDE dapat mengambil alih sebagian besar situsnya sekitar dua jam setelah serangan dimulai.

Direktur digital Helene Zemmour menyebut peretasan tersebut sebagai "belum pernah terjadi sebelumnya dan dalam skala besar".

Sebuah pesan yang diterbitkan oleh peretas di situs Facebook TV5MONDE bertuliskan, "Khalifah siber terus melakukan jihad siber terhadap musuh-musuh ISIS."

Mereka mengganti profil media sosial TV5MONDE dengan gambar pejuang ekstremis bertopeng.

Perancis adalah bagian dari koalisi yang dipimpin Amerika Serikat untuk melakukan serangan udara terhadap ISIS di Irak dan Suriah.

Pada Januari 2015, akun Twitter dan YouTube komando militer AS diserang peretas pro-ISIS. Namun, Komando Pusat AS (Centcom) mengatakan, hal tersebut merupakan "vandalisme siber" dan bukan pelanggaran data yang serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com