Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Teluk Tolak Keterlibatan Iran dalam Krisis Irak

Kompas.com - 13/03/2015, 10:16 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC), Kamis (12/3/2015), menolak keterlibatan asing dalam krisis Irak, pernyataan ini merujuk keterlibatan langsung Iran dalam perang melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Negara-negara GCC memastikan dukungan untuk persatuan dan integritas teritorial Irak . GCC juga mendukung upaya pemerintah Irak untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas di negerinya," kata Menlu Qatar Khalid al-Attiyah yang memimpin pertemuan GCC di Riyadh, Arab Saudi.

"GCC mendukung langkah tidak mencampuri urusan dalam negeri Irak dan mendukung Irak menegaskan kedaulatan terhadap seluruh wilayahnya," tambah Khalild al-Attiyah.

Selain resolusi soal krisis di Irak, para menlu GCC juga menegaskan posisi negara-negara Timur Tengah terkait kebijakan nuklir di kawasan itu.

Meski mengakui setiap negara memiliki hal untuk memiliki kemampuan mengembangkan teknologi nuklir yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan IAEA, namun GCC secara tegas menolak keberadaan senjata nuklir di kawasan tersebut.

Dalam pertemuan di Riyadh itu, GCC juga menegaskan dukungan mereka terhadap pemerintahan Yaman pimpinan Presiden Abdurabbo Mansour Hadi, yang melarikan diri dari tahanan rumah di ibu kota Sanaa bulan lalu dan kini memerintah di kota Aden.

Sementara untuk krisis Suriah, GCC menyerukan sebuah intervensi cepat dan efektif dari PBB dan komunitas internasional, untuk melindungi warga sipil tak bersenjata dan memastikan bantuan kemanusiaan bisa menjangkau rakyat Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com