Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Menlu Uni Eropa Gelar Pembicaraan Cara Hadapi Terorisme

Kompas.com - 19/01/2015, 17:16 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Para menteri negara-negara Uni Eropa, Senin (19/1/2015), menggelar pertemuan di Brussels untuk membicarakan pembentukan aliansi termasuk dengan negara-negara Islam untuk menghadapi meningkatnya ancaman ekstremisme.

Fokus utama ke-28 negara anggota Uni Eropa adalah cara untuk mencegah warga negara mereka yang dikenal dengan sebutan "pejuang asing". Mereka ini adalah warga negara Eropa yang pulang kembali membawa paham radikal setelah bertempur di Suriah dan Irak.

"Kami akan memulai diskusi tentang cara menghadapi terorisme tak hanya di Eropa namun di bagian lain dunia ini," kata Ketua Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini.

"Kami harus lebih banyak membagi informasi dan kami harus lebih erat bekerja sama," tambah Mogherini yang menyambut baik kehadiran Sekjen Liga Aran Nabil al-Arabi dalam pertemuan ini.

"Kami akan mendiskusikan dengan sekretaris jenderal (Liga Arab) bagaimana cara meningkatkan kerja sama dengan rekan-rekan kita. Kami membutuhkan aliansi dan dialog," lanjut Mogherini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan serangan teror di Paris telah mengubah Eropa dan dunia.

"Hari ini kita harus mengambil langkah dan mendiskusikan apa yang harus kita lakukan, termasuk kemungkinan meningkatkan pertukaran informasi dengan negara-negara Muslim," ujar Steinmeier.

Pernyataan Steinmeier ini didukung rekannya dari Inggris, Menteri Luar Negeri Philip Hammond.

"Negara-negara Muslim di dunia adalah yang paling menderita karena menanggung beban masalah terorisma dan mereka akan selalu berada di garis depan," ujar Hammond.

"Kami harus bekerja sama erat dengan mereka (negara-negara Muslim) untuk melindungi negara-negara Muslim dan negara-negara Eropa," lanjut Hammond.

Pertemuan para menlu Uni Eropa ini digelar untuk mempersiapkan konferensi tingkat tinggi para kepala negara Uni Eropa pada 12 Februari mendatang yang khusus membicarakan upaya memerangi terorisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com