Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Penyanderaan Sydney Dipuji sebagai Pahlawan

Kompas.com - 16/12/2014, 13:53 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM - Dalam sebuah ibadat perkabungan di Sydney, dua sandera yang tewas dalam pengepungan di sebuah kafe di pusat kota itu pada Selasa (16/12/2014) dini hari dipuji sebagai pahlawan "yang bersedia menyerahkan nyawanya sehingga orang lain bisa selamat".

Tori Johnson (34 tahun), manajer Lindt Chocolate Cafe di mana krisis itu terjadi, dan Katrina Dawson (38 tahun) yang merupakan seorang pengacara serta ibu dari tiga orang anak, tewas saat polisi bersenjata berat mengakhiri penyanderaan selama 16 jam lebih itu.

Dalam sebuah ibadat di Katedral Santa Maria, sekitar 500 meter dari kafe itu, Uskup Agung Anthony Fisher berbicara tentang betapa "jantung kota kita hancur oleh kematian dua orang yang tak berdosa".


ABC Katrina Dawson adalah seorang pengacara, dan ibu dari tiiga anak
"Sejumlah laporan muncul pagi ini tentang aksi heroisme korban laki-laki dalam pengepungan ini," kata Fisher. "Rupanya saat melihat kesempatan, Tori Johnson merebut pistol (pelaku). Tragisnya pisto itu justru membunuh dia. Namun hal itu telah memicu respon polisi dan akhirnya membebaskan sebagian besar sandera. Sejumlah laporan juga muncul bahwa Katrina Dawson melindungi temannya yang sedang hamil dari tembakan. Para pahlawan ini bersedia menyerahkan nyawa mereka sendiri sehingga orang lain bisa hidup."

Wakil Komisaris Polisi New South Wales (NSW), Catherine Burn, tidak mengonfirmasi laporan tentang pergumulan Johnson dengan pria bersenjata itu. Dia hanya mengatakan, para penyidik masih mengumpulkan rangkaian peristiwa yang menyebabkan pengepungan itu berakhir.

Orang tua Johnson, dalam sebuah pernyataan yang disebarkan melalui wartawan Sydney, Ben Fordham, memuji "putra mereka yang baik hati" dan menyerukan kepada semua orang untuk "berdoa bagi perdamaian di Bumi".

"Kami sangat bangga dengan putra kami yang baik hati Tori, yang pergi dari dunia ini tetapi selamanya akan ada dalam kenangan kami sebagai pasangan hidup yang paling menakjubkan, anak dan saudara yang pernah bisa kami andalkan," kata pernyataan itu.

"Kami merasa sedih untuk keluarga Katrina Dawson. Kami ingin mengucapkan terima kasih tidak hanya kepada teman-teman kami dan orang-orang terkasih atas dukungan mereka, tetapi juga untuk warga Sydney, Australia dan orang-orang di seluruh dunia yang menyampaikan ucapan dukacita dan doa-doa mereka."

AFP PHOTO/SAEED KHAN Salah satu sandera berlari ke arah polisi setelah berhasil keluar dari Lindt Cafe, Sydney (15/12/2014). Total sudah ada lima sandera yang berhasil keluar dari kafe.
Dawson, seorang pengacara yang sedang bersinar, akan sangat dirindukan oleh rekan-rekan dan teman-temannya, kata NSW Bar Association. "Katrina adalah salah satu pengacara kami yang terbaik dan tercerdas yang akan sangat dirindukan oleh rekan-rekan dan teman-temannya di NSW Bar," kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan. "Dia ibu yang berbakti dari tiga orang anak, dan anggota terhormat dari komunitas pengacara kami."

Pria bersenjata yang melakukan penyanderaan, yang oleh banyak media disebut sebagai warga kelahiran Iran bernama Man Haron Monis, juga tewas dalam pengepungan itu, sementara enam orang lainnya terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com