Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di New York Ada Lahan Parkir Berharga Rp 12 Miliar

Kompas.com - 10/09/2014, 17:38 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah tempat parkir bawah tanah dengan harga supermahal tengah dibangun di New York, AS. Nantinya, siapa pun yang ingin membeli ruang parkir di tempat itu harus merogoh kocek hingga 1 juta dollar AS atau hampir Rp 12 miliar.

Pembangunan yang tengah dilakukan di 42 Crosby Street, wilayah SoHo, New York, itu nantinya hanya akan terdiri dari 10 spot tempat parkir yang harganya akan lebih mahal—jika dihitung per meter perseginya—dibanding apartemen yang dibangun di atasnya.

Tempat parkir supermahal itu akan ditawarkan kepada pembeli pertama 10 unit apartemen mewah yang tengah dikembangkan Atlas Capital Group di atas sebuah bekas lahan parkir.

Harga lahan parkir mewah ini bahkan empat kali lebih mahal dibanding harga rumah kelas menengah di AS yang saat ini berada di kisaran 217.800 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Sedangkan apartemen mewah berkamar tiga yang dibangun di atas lahan parkir itu ditawarkan dengan harga antara 8-10 juta dollar AS atau antara Rp 95 miliar-Rp 118 miliar.

Sean Osher, yang mengepalai perusahaan broker di belakang proyek ini, kepada harian The New York Times mengatakan, pihaknya tengah mencari "sebuah ciri khas" dengan harga lahan parkir yang ditawarkan.

"Dalam real estat, lokasi menentukan harga dan tak terkecuali untuk lahan parkir," tambah Osher yang menambahkan lahan parkir merupakan "barang langka" di New York.

Lahan parkir berharga jumbo bukan kali ini saja ditawarkan di New York. Tahun lalu sebuah garasi pribadi untuk dua mobil di Manhattan ditawarkan dengan harga 1 juta dollar AS.

Pada 2012 sebuah lahan parkir di kawasan mahal lainnya di New York, TriBeCa, terjual dengan harga 345.459 dollar AS atau sekitar Rp 4 miliar. Menurut laporan The New York Times, tahun lalu lahan parkir pribadi di New York rata-rata dijual dengan harga 136.052 dollar AS atau lebih dari Rp 1,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com