Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Negara Bahas Bahaya Boko Haram

Kompas.com - 03/09/2014, 19:47 WIB
ABUJA, KOMPAS.com — Para menteri luar negeri dari Nigeria dan sejumlah negara tetangganya menggelar pertemuan, Rabu (3/9/2014), untuk mendiskusikan Boko Haram yang terus merebut wilayah di timur laut Nigeria dan mengancam keamanan regional.

Diskusi sehari ini dihadiri perwakilan Benin, Kamerun, Chad, dan Niger. Sejumlah pejabat dari AS, Inggris, Perancis, Kanada, serta Uni Afrika dan PBB juga hadir dalam pertemuan itu.

Kementerian Luar Negeri Nigeria mengatakan, pembicaraan itu ditujukan untuk mengevaluasi kemajuan dari pertemuan sebelumnya yang digelar di Paris dan London, termasuk KTT Afrika yang digelar bulan lalu.

Secara khusus, pertemuan ini akan mempelajari tingkat bantuan luar negeri, termasuk upaya Pemerintah Nigeria, dalam perang berkelanjutan untuk menghancurkan pemberontakan Boko Haram.

Sementara itu, negara-negara regional bersumpah untuk memainkan peran lebih besar dalam perang melawan Boko Haram setelah kelompok militan ini menculik 200 orang gadis dari sebuah sekolah pada April lalu yang memicu kemarahan internasional.

Meski dibantu komunitas internasional, tetapi 217 gadis yang diculik lima bulan lalu itu belum diketahui keberadaannya meskipun militer Nigeria mengklaim sudah menemukan lokasi penyekapan ratusan gadis itu.

Dalam beberapa pekan terakhir Boko Haram merebut wilayah yang cukup luas di wilayah timur laut Nigeria, yang tampaknya tak bisa diimbangi militer negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com