Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Nigeria Tewaskan Puluhan Militan Boko Haram

Kompas.com - 02/09/2014, 15:38 WIB
BAMA, KOMPAS.COM - Militer Nigeria mengatakan telah menewaskan sekitar 70 militan kelompok militan Boko Haram dalam sebuah serangan di kota timur laut, Bama.

Para pejabat mengatakan para pemberontak tiba di kota tersebut Senin (1/9/2014) dengan menggunakan truk dan tank untuk menguasai Bama. Namun laporan-laporan setempat mengatakan serangan kelompok militan itu berhasil dipatahkan.

Bagaimanapun seorang juru bicara kelompok sipil anti-Boko Haram mengatakan sebagian besar warga Bama melarikan diri ke ibukota Provinsi Borno, Maiduguri, yang berajark sekitar 70 km.

Setelah insiden, militer memperpanjang jam malam di Maiduguri dari pukul 19.00 hingga 06.00 keesokan harinya.

Sebuah laporan terbaru dari kelompok pegiat hak asasi manusia, Amnesty International, mengatakan 4.000 orang -sebagian besar warga sipil- tewas dalam konflik antara Boko Haram dengan pasukan pemerintah.

Boko Haram berupaya mendirikan negara Islam di Nigeria sejak tahun 2099 namun pergerakan mereka semakin menghebohkan pada pertengahan April setelah Klik mereka menculik sekitar 300 murid perempuan.

Hingga saat ini sekitar 200 murid perempuan masih tetap disandera.

Kelompok militan Islam ini juga bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom yang mematikan di beberapa tempat di Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com