Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tetapkan Tiga Hari Berkabung Nasional

Kompas.com - 26/07/2014, 22:38 WIB
KOMPAS.com - Perancis menetapkan tiga hari berkabung nasional pada Sabtu (26/7/2014) untuk mengenang kejadian jatuhnya pesawat Air Algerie di Mali pada Kamis (24/7/2014). Ada 118 korban tewas dalam kejadian itu. Dari jumlah itu, 54 orang di antaranya berkewarganegaraan Perancis.

Pernyataan Kantor Kepresidenan Perancis menyebutkan bendera setengah tiang dikibarkan sejak tiga hari ke depan mulai Senin (28/7/2014).  

Pesawat buatan McDonnell Douglas (MD) seri 83 itu terjerambab ke bumi menjadi berkeping-keping. Catatan menunjukkan sebagaimana warta AFP , tak ada yang selamat dari total penumpang tersebut.

Pesawat itu tinggal landas dari Ouagadougou, ibu kota Burkina Faso untuk destinasi ke Aljazair. "Ada kesulitan untuk mengenali semuanya termasuk jasad para korban. Kami hanya melihat serpihan pesawat di lokasi kecelakaan,"kata Kepala Staf Militer Burkina Faso Gilbert Diendere.

Diendere adalah satu dari penyelidik yang dikirim ke lokasi kejadian di Gossi, 100 kilometer dari Gao, kota di utara Mali. Tim itu dibentuk atas perintah Presiden Mali Blaise Compaore.

Dugaan sementara, pesawat mengalami kecelakaan lantaran cuaca buruk. Sementara, data awal dari tim penyelidik asal Perancis menunjukkan serpihan pesawat tersebar di area 500 meter. "Data itu menunjukkan pesawat jatuh kemudian terpental,"demikian Gilbert Diendere.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com