Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Inggris Protes Vonis Wartawan "Al-Jazeera"

Kompas.com - 24/06/2014, 15:17 WIB
LONDON, KOMPAS.COM — Ratusan wartawan akan berkumpul di London, Inggris, untuk memprotes hukuman tujuh tahun penjara atas tiga wartawan Al-Jazeera di Mesir.

Staf BBC juga akan bergabung dengan organisasi media lain untuk mengadakan satu menit hening protes di Gedung New Broadcasting House di London.

Pada Senin (23/6/2014), pengadilan di Kairo menyatakan Peter Greste, Mohamed Fahmy, dan Baher Mohamed bersalah karena menyebarkan berita salah.

Tiga wartawan membantah tuduhan tersebut dan akan mengajukan banding.

Ayah dari Peter Greste —berwarga negara Australia— mengatakan kepada reporter di Brisbane bahwa keluarga merasa "hancur" dan "terkejut" atas hukuman itu.

"Ini adalah masa-masa yang gelap, tidak hanya bagi keluarga kami tetapi juga untuk wartawan secara umum," kata Juris Greste, menggambarkan keputusan pengadilan sebagai "tamparan di wajah" kepada "semua orang-orang yang berpikiran terbuka di dunia."

"Jurnalisme bukanlah kriminalitas, kalau iya, maka semua orang akan berada di penjara sekarang," tambahnya.

Namun, orangtua Greste enggan mengkritisi sistem peradilan Mesir, demikian dilaporkan wartawan BBC Jon Donnison di Sydney, karena menyadari bahwa ucapan mereka bisa memengaruhi upaya diplomatik yang berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com