Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Heathrow Dilengkapi Toilet Pintar

Kompas.com - 10/06/2014, 18:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Toilet yang baru dibuka di Terminal 2 Bandara Heathrow, London, Inggris dilengkapi sensor yang dapat menghitung jumlah orang yang menggunakannya.

Toilet pintar ini mengirimkan sinyal ke semua petugas kebersihan setelah sejumlah orang memasuki toilet. Informasi ini juga dikirimkan untuk dianalisa, yang memungkinkan staf untuk melihat toilet mana yang paling sering digunakan.

Sensor ini telah dikembangkan perusahaan yang terkait dengan Eurotech yang menggunakan teknologi Intel.

Direktur Intel untuk bangunan dan kota pintar, Karen Lomas mengatakan, bahwa itu adalah contoh yang baik dalam dunia internet- teknologi yang dipakai dalam keseharian dapat membantu meningkatkan kehidupan sehari-hari.

"Kita semua antre untuk ke toilet dan hal terakhir yang ingin saya lakukan adalah pergi ke toilet kotor," katanya.

"Teknologi Internet of Things harus digunakan untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan layanan pelanggan."

Data dari sensor dikirim ke aplikasi cloud untuk analisa trend. "Ini akan menunjukkan toilet mana yang lebih sering digunakan - yang pada gilirannya dapat digunakan untuk mengarahkan orang ke toilet yang kosong," kata Lomas.

"Selama periode waktu yang lebih lama mungkin ada perbaikan ruang toilet yang tidak banyak digunakan dan toilet mana yang lebih sering digunakan," lanjut Lomas.

Sistem ini juga memonitor waktu yang dibutuhkan untuk petugas kebersihan yang datang dan membersihkan toilet yang bisa mengangkat masalah pribadi.

"Itu sudah terjadi sebagai proses dengan orang-orang yang harus menandatangani selembar kertas sehingga tidak ada perubahan di sana. Sebagian besar karyawan ingin pelanggan memiliki pengalaman yang baik," kata Lomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com