Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaman Gelar Operasi Militer Berantas Al Qaeda

Kompas.com - 29/04/2014, 17:03 WIB
SANAA, KOMPAS.com — Angkatan bersenjata Yaman, Selasa (29/4/2014), menggelar operasi militer besar-besaran untuk mengusir kelompok Al Qaeda dari sejumlah kota di wilayah selatan negeri itu.

Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) mendirikan pertahanan kuat di kota-kota kecil dan di kawasan bermedan sulit di provinsi Abyan dan Shabwa, setelah pasukan Yaman mengusir dan mengejar mereka dari kota-kota besar di Abyan pada 2012.

Pekan lalu, pasukan Yaman didukung serangan drone AS mengincar basis-basis AQAP yang dianggap Washington sebagai kelompok afiliasi Al Qaeda paling berbahaya di dunia.

AD Yaman didukung milisi-milisi lokal sudah mulai bergerak untuk "membersihkan" sejumlah kota seperti Ahwar dan Al-Mahfad di provinsi Abyan serta kota-kota Azzan, Al-Houta, Al-Rawda, dan Al-Saeed di provinsi Shabwa.

"Kampanye militer ini tidak akan berakhir sebelum kawasan itu bersih dari militan Al Qaeda," kata seorang perwira AD Yaman yang tak ingin disebut namanya.

Pada hari yang sama, pasukan pemerintah terlibat baku tembak dengan militan Islam di kawasan Lahmar, yang berada tak jauh dari kota Al-Mahfad. Demikian keterangan seorang komandan AD Yaman.

Baku tembak lain terjadi di dekat kota Al-Saeed ketika militan AQAP menghadang gerak maju pasukan pemerintah. Hussein al-Wuhaysi, seorang pemimpin milisi Komite Rakyat yang bertempur bersama pasukan pemerintah, mengatakan, para pejuangnya terlibat dalam operasi militer ini.

"Kami mendapat perintah resmi untuk memberantas Al Qaeda dari Abyan dan Shabwa," kata Al-Wuhaysi.

Kementerian Dalam Negeri Yaman mengatakan, pada 20 April lalu sebuah serangan udara di provinsi Abyan menewaskan 55 orang anggota AQAP. Sementara itu, tiga anggota AQAP lain tewas di provinsi Shabwa.

Sehari sebelumnya, sebuah serangan drone di provinsi Baida menewaskan 10 anggota AQAP dan tiga warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com