Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Serang Markas AD Yaman, 20 Tewas

Kompas.com - 02/04/2014, 23:28 WIB
ADEN, KOMPAS.com — Kelompok Al Qaeda menyerang sebuah markas AD Yaman di sebuah distrik yang dijaga ketat di Aden, Rabu (2/4/2014). Serangan ini memicu baku tembak yang menewaskan 20 orang, sebagian besar anggota Al Qaeda.

Bangunan yang menjadi target serangan terletak di distrik pesisir Tawahi yang dijaga ketat. Di distrik itu terdapat markas dinas intelijen, kepolisian, pangkalan angkatan laut, dan sebuah kediaman presiden.

"Kami sudah menguasai keadaan kembali. Baku tembak sempat berlangsung beberapa jam," kata seorang perwira angkatan darat Yaman.

Al Qaeda menyerang sisi utara markas angkatan darat. Beberapa dari mereka mencoba memanjat dinding, sementara sebuah bom mobil meledak di pintu barat markas. Bala bantuan dari brigade lapis baja ke-31 yang ditempatkan di Aden segera dikerahkan ke lokasi serangan di Tawahi, tak lama setelah serangan terjadi.

Sepuluh penyerang tewas dalam baku tembak itu. Sementara itu, seorang pengebom bunuh diri berhasil menabrakkan mobil penuh bahan peledak ke pintu gerbang markas angkatan darat.

Dari pihak militer, enam prajurit tewas dan 14 lainnya terluka. Adapun tiga warga sipil termasuk seorang bocah berusia tujuh tahun juga tewas.

Serangan ini sangat mirip dengan aksi yang dilakukan kelompok militan Ansar al-Sharia, yang menyerang markas angkatan darat di Hadramaut pada September tahun lalu.
Saat itu, penyerang menyandera sejumlah orang. Sebanyak 12 orang tewas dalam baku tembak dengan aparat keamanan Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com