Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Libatkan Detektor Kotak Hitam Cari Pesawat Malaysia Airlines

Kompas.com - 30/03/2014, 14:17 WIB
PERTH, KOMPAS.COM - Pencarian internasional untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370 ditingkatkan dengan kekuatan 10 pesawat dan delapan kapal di selatan Samudra Hindia.

Sebuah kapal Australia yang dilengkapi dengan detektor kotak hitam dan mampu menangkap sinyal dari kedalaman 6.000 meter dibawah permukaan laut pun dilibatkan.

Pada hari Sabtu (29/3/2014), sejumlah obyek diangkat dari air tetapi belum ada konfirmasi apakah obyek itu berasal dari pesawat yang hilang.

Sejumlah kerabat penumpang berkebangsaan Cina telah tiba di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, tempat pesawat itu lepas landas.

Mereka mengatakan tidak mendapat informasi yang cukup dan ingin bertemu dengan perdana menteri serta menteri transportasi Malaysia secara langsung. "Kami punya pertanyaan yang ingin kami tanyakan kepada mereka secara langsung," kata Wang Chunjiang yang adiknya merupakan salah satu penumpang MH370.

Sementara itu Menteri Transportasi (interim) Malaysia Hishammuddin Hussein hari Sabtu mengatakan pencarian akan dilanjutkan. "Bagian paling sulit dari pekerjaan saya adalah bertemu dengan keluarga," kata dia.

"Saya selalu mengatakan kami selalu berharap akan menemukan penumpang yang selamat," tambahnya.

Pemerintah Malaysia telah menyimpulkan bahwa berdasarkan data satelit, pesawat itu terbang ke wilayah di selatan Samudra Hindia. Hingga saat ini belum ada jejak yang ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com