Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Tembak 5 Rekannya lalu Bunuh Diri

Kompas.com - 27/02/2014, 11:15 WIB
SRINAGAR, KOMPAS.COM — Seorang tentara di Kashmir, India, menembak mati lima rekannya di sebuah barak militer sebelum akhirnya menembak dirinya sendiri. Demikian kata seorang juru bicara militer kepada kantor berita AFP, Kamis (27/2/2014).

"Tentara itu mengamuk, membunuh lima rekannya, sebelum menembak dirinya sendiri hingga tewas di barak di distrik Ganderbal," kata Letnan Kolonel Narinder Nahar Joshi.

Tentara tersebut merupakan bagian dari unit kontra-pemberontakan yang ditempatkan di desa Safapora, sekitar 20 kilometer di utara Srinagar, kota utama di wilayah itu. Penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan apakah prajurit itu mengalami stres.

Sejumlah tentara dan polisi India yang dikerahkan di negara bagian yang bergolak itu telah tewas dalam insiden serupa pada masa lalu. Anggota pasukan keamanan sering ditolak untuk cuti dalam waktu lama dalam operasi kontra-pemberontakan yang sulit itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, tentara telah mendirikan saluran telepon bantuan dan kelas yoga untuk membantu tentara mengatasi stres.

Kashmir yang berpenduduk mayoritas Muslim terbagi dan dikelola secara terpisah oleh India dan Pakistan, tetapi kedua negara mengklaim sepenuhnya wilayah itu. Kedua negara telah berperang tiga kali sejak merdeka dari Inggris tahun 1947. Dua dari tiga perang itu terkait masalah Kashmir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com