Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Mesir Mulai Sidangkan 20 Orang Wartawan

Kompas.com - 11/02/2014, 21:52 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Pemerintah Mesir akan menyidangkan 20 wartawan, termasuk empat wartawan asing, mulai pekan depan. 

Para wartawan itu antara lain dituduh menjadi anggota 'organisasi teroris' sementara keempat wartawan asing dituduh membantu organisasi teroris dan menyebarkan berita bohong.

Termasuk yang akan diadili adalah kepala biro stasiun televisi Al Jazeera di Kairo, Adel Fahmy -pemegang paspor Mesir dan Kanada- serta seorang warga Australia yang juga mantan wartawan BBC, Peter Greste.

Keduanya bersama enam terdakwa lain berada di dalam tahanan, sementara yang lainnya, termasuk dua wartawan Inggris, akan diadili secara in absentia.

Al-Jazeera mengatakan hanya sembilan yang didakwa merupakan wartawan mereka yang semata-mata melaporkan situasi di Mesir.

Menurut mereka tuduhan yang diajukan 'tidak masuk akal, tidak beralasan, dan palsu' serta membantah membantu Ikhwanul Muslimin, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris setelah  Presiden Muhammad Mursi digulingkan militer tahun lalu.

Pemerintah sementara Mesir dan para pendukungnya menuduh kantor berita internasional berpihak dalam melaporkan pelanggaran hak asasi manusia atas para pendukung Morsi dan pembangkang politik lain.

Penangkapan wartawan ini memicu aksi unjuk rasa dari para wartawan lain, seperti yang berlangsung di depan Kedutaan Besar Mesir di Nairobi, Kenya, dan juga di Beirut, Libanon, pekan lalu.

Ikhwanul Muslimin sudah menyatakan meninggalkan jalan kekerasan pada 1970-an namun beberapa waktu lalu menegaskan tetap berkomitmen untuk mencapai perubahan politik di Mesir lewat jalan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com