Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Dunia dan Selebriti Hadiri Pemakaman Nelson Mandela

Kompas.com - 09/12/2013, 17:13 WIB
JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Para presiden dan mantan presiden, para tokoh dunia, dan para selebriti papan atas kini tengah menuju Afrika Selatan untuk menghadiri upacara mengenang mendiang Nelson Mandela.

Sebanyak 80.000 orang diperkirakan akan hadir dalam upacara yang digelar di Stadion FNB Soweto, Selasa (9/12/2013), tempat tampil di hadapan publik terakhir Mandela saat menyaksikan final Piala Dunia 2010.

Sementara itu, parlemen Afrika Selatan menggelar sesi sidang khusus pada Senin (8/12/2013) di Cape Town untuk menghormati pria yang menghabiskan 27 tahun masa hidupnya di penjara dan kemudian memimpin bangsanya keluar dari sistem apartheid yang menindas.

Beberapa nama yang akan hadir di Soweto antara lain mantan presiden Afsel FW de Klerk, yang bersama Mandela mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada 1993.

Presiden Barack Obama dan istrinya Michelle beserta tiga mantan presiden AS adalah satu dari 70 pemimpin negara yang datang ke Afrika Selatan.

PM Inggris David Cameron, Presiden Perancis Francois Hollande, dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon juga diharapkan hadir.

Sementara itu, media Pemerintah Kuba menyatakan bahwa Presiden Raul Castro dipastikan terbang ke Afrika Selatan, tetapi kawan lama Mandela, Fidel Castro, tidak bisa hadir karena sakit.

Tokoh yang dipastikan tidak hadir adalah PM Israel Benyamin Netanyahu dan Dalai Lama yang sejak 2009 selalu ditolak visanya oleh Pemerintah Afsel.

Dari kalangan selebriti, ratu acara bincang-bincang Oprah Winfrey serta penyanyi dan aktivis Bono akan hadir. Jutawan Inggris Richard Branson dan musisi Peter Gabriel adalah nama-nama selebriti lain yang hadir di Afsel.

Untuk mengamankan rangkaian acara terkait pemakaman Nelson Mandela ini, Pemerintah Afrika Selatan mengerahkan 11.000 personel militer dan polisi.

Sebelum dimakamkan, jasad Nelson Mandela disemayamkan selama tiga hari, mulai Rabu (10/12/2013), di amfiteater Union Building, Pretoria, tempat dia disumpah menjadi presiden pada 1994.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com