Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Jumlah Korban Tewas Topan Haiyan 4.460 Orang

Kompas.com - 15/11/2013, 12:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — PBB dalam data termutakhirnya pada Kamis malam kemarin mengklaim jumlah korban tewas topan Haiyan alias Yolanda di Filipina 4.460 orang. Informasi ini diperoleh dalam warta AP pada Jumat (15/11/2013). Lembaga PBB yang mengeluarkan data itu adalah Kantor PBB untuk Urusan Kemanusiaan (OCHA). "Topan itu membuat 921.000 orang kehilangan tempat tinggal," kata pernyataan OCHA.

Sementara itu, masih menurut OCHA, total jumlah korban yang terkena dampak topan itu mencapai 11,8 juta orang.

Pada bagian selanjutnya, pusat logistik sudah beroperasi di Tacloban dan Oromoc di Provinsi Leyte. Lalu, pusat logistik lainnya ada di Guian, Provinsi Samar.

Catatan OCHA juga menunjukkan kalau pengiriman logistik bantuan masih terkendala buruknya infrastruktur jalan. Pengiriman logistik bantuan melalui Bandar Udara Manila dan Tacloban terganggu oleh padatnya jalur lalu lintas udara.

Nutrisi

OCHA juga mengatakan kalau saat ini di tempat-tempat pengungsian ada sekitar 112.000 anak bawah lima tahun (balita) dan 70.000 perempuan hamil membutuhkan nutrisi. "Kebutuhan itu amat mendesak," kata OCHA.

OCHA mengemukakan juga Rencana Aksi Haiyan dengan pendanaan sekitar 58 juta dollar AS. "Tim kemanusiaan sudah menggelar rapat untuk penyaluran dana bantuan," kata OCHA.

Kemudian, dalam salah satu pernyataannya, Presiden Filipina Benigno Aquino III mengatakan, pihaknya terus melanjutkan pertolongan bagi para korban.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com