Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog Batas Utang AS Capai Kemajuan

Kompas.com - 15/10/2013, 10:17 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Dialog antara Presiden AS Barack Obama dengan Kongres AS soal batas utang negara mencapai kemajuan. Warta AP pada Senin (14/10/2013) menunjukkan kedua belah pihak akan mencapai kata sepakat untuk menghindarkan Negeri Uwak Sam dari kondisi gagal bayar. Sementara, hingga kini, kondisi penghentian sementara kerja pemerintah AS (shutdown) masih belum beranjak sejak dua minggu ke belakang.  

Obama sempat mengatakan kalau pencapaian kata sepakat di Senat untuk memecahkan jalan buntu fiskal sudah mengemuka. Sementara, Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid menyatakan kesan optimismenya. Reid juga berharap proposal Obama bisa diterima. "Perjanjian kesepakatan bakal terwujud dalam 24 jam ke depan,"kata sumber dari Partai Republik.

Sementara, diskusi antara pihak Partai Republik dengan Partai Demokrat mencapai kemajuan soal batas utang pemerintah itu. Dengan demikian, ada harapan pemerintah bisa melanjutkan pembayaran utangnya. Pemerintah AS juga bisa membayar utang untuk kembali melanjutkan kinerjanya, keluar dari kondisi shutdown.

Pada bagian berikutnya, andai kata sepakat terjadi, para pelobi dari Gedung Putih dan Senat bakal menemukan kesepahaman untuk pengurangan defisit negara dalam sebuah nota perjanjian. Hal ini menjadi penting lantaran akan muncul putaran baru pemotongan anggaran belanja otomatis yang bakal berlaku Januari 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com