Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Ringan Jatuh di Nepal, 2 Tewas

Kompas.com - 03/10/2013, 15:27 WIB
KATHMANDU, KOMPAS.com - Sebuah pesawat kecil jatuh di sebuah bukit di dekat kota wisata Pokhara, Nepal, Kamis (3/10/2013), menewaskan pilot dan satu-satunya penumpang pesawat itu, yaitu seorang wisatawan China.

Pesawat ringan itu terbang melintasi sebuah danau di Pokhara saat menghunjam bukit di dekat sebuah kuil Budha. Demikian kepala polisi setempat Surendra Bahadur Shah.

"Penduduk desa mengatakan kepada kami pesawat jatuh pada pukul 9.30 waktu setempat. Cuaca saat itu buruk dan mendung," ujar Surendra.

Penumpang pesawat, Zun Liu (33) seorang wisatawan China, dan pilot yang juga pemilik pesawat tewas di lokasi kecelakaan.

Pokhara terletak 210 kilometer sebelah barat Kathmandu, adalah sebuah tujuan wisata populer. Di kota ini para turis biasanya melakukan terbang layang, menaiki perahu dan berbagai kegiatan lain.

Lebih dari 5 juta wisatawan mengunjungi Nepal setiap tahun, sebagian besar berasal dari China dan India. Turisme memang menjadi andalan pendapatan negara di Himalaya ini.

Infrastruktur jalan di negeri ini sangat buruk. Sehingga para turis, peziarah, dan pendaki profesional harus bergantung pada 16 penerbangan domestik untuk mencapai kawasan-kawasan terpencil, meski kecelakaan udara terbilang sering terjadi.

Pada Mei lalu, 21 orang, termasuk delapan turis Jepang, terluka ketika sebuah pesawat terbang kecil tergelincir dari landas pacu di sebuah bandara di Nepal utara dan langsung masuk ke sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com