Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Separuh Pilot Inggris Mengaku Tidur Saat Terbang

Kompas.com - 27/09/2013, 21:55 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Sebuah survei mengungkap bahwa separuh lebih dari semua pilot maskapai penerbangan komersial di Inggris mengaku tertidur saat sedang bertugas.

Menurut Asosiasi Pilot Inggris (BALPA), sebanyak 56 persen dari 500 pilot penerbangan komersial mengaku tertidur dalam penerbangan.

Tak hanya itu, satu dari tiga pilot mengatakan saat mereka terjaga dari tidur mereka melihat kopilot juga lelap tertidur.

Survei yang digelar BALPA ini muncul sebelum parlemen Eropa melakukan pengambilan suara pada Senin (30/9/2013), terkait aturan baru yang mengatur durasi terbang para pilot ini.

BALPA, yang adalah serikat kerja para pilot, menyuarakan keprihatinannya bahwa aturan baru Uni Eropa akan bertentangan dengan aturan keselamatan yang dianut Inggris.

Dalam aturan baru yang akan ditentukan pekan depan itu, para pilot bisa bekerja maksimal selama 110 jam dalam waktu dua pekan.

Artinya, jam kerja standar Uni Eropa itu lebih banyak 10 jam dibanding aturan Inggris yang hanya mengizinkan pilot maksimal bekerja selama 95 jam.

Selain itu, aturan Uni Eropa baru ini—jika disepakati—menyebut pilot bisa terbang malam maksimal 11 jam. Meningkat satu jam dari aturan saat ini.

"Kelelahan sudah menjadi tantangan utama bagi pilot yang kini prihatin dengan aturan baru Uni Eropa yang tak didukung riset ilmiah dan akan meningkatkan tingkat kelelahan yang telah terbukti menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan udara," kata Sekjen BALPA Jim McAuslan.

Survei BALPA ini juga menemukan 84 persen responden merasa yakin kemampuan terbang mereka tergerus selama enam bulan terakhir ini akibat kekelahan.

Survei ini juga membuktikan bahwa hampir separuh dari semua pilot mengatakan bahwa kelelahan pilot adalah ancaman terbesar untuk keamanan penerbangan.

Terlepas dari berbagai argumen yang menentang hal ini, Asosiasi Maskapai Penerbangan Eropa, yang mewakili 31 maskapai Eropa, mendukung pemberlakuan aturan baru yang akan memastikan semua maskapai penerbangan mengikuti aturan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com