Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pilot Maskapai Inggris Tidur Bersamaan dalam Penerbangan

Kompas.com - 26/09/2013, 20:32 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Sebuah laporan mengungkapkan, dua pilot yang menerbangkan sebuah pesawat Airbus berpenumpang 325 orang tertidur di kokpit dan membiarkan pesawat besar itu terbang menggunakan sistem pilot otomatis tanpa pengawasan.

Dalam laporan ke Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA), salah satu pilot itu mengaku tertidur karena hanya tidur sekitar lima jam sebelum kembali bertugas setelah terbang selama dua malam.

Rincian insiden yang terjadi bulan lalu itu, tepatnya pada 13 Agustus 2013, muncul saat organisasi pilot Inggris mengusulkan adanya perubahan jadwal penerbangan di Eropa.

"Ini adalah sebuah insiden serius. Saya kira ada pelajaran yang bisa didapat dari insiden ini. Kami sedang menyebarkan informasi ini ke semua maskapai," kata seorang juru bicara CAA.

CAA menjelaskan, kedua pilot itu—hanya disebutkan bekerja untuk sebuah maskapai berbasis di Inggris—awalnya sepakat untuk bergantian tidur dalam perjalanan itu.

Namun, pilot sudah menggunakan sistem terbang otomatis sebelum dia tertidur.

Di tengah perjalanan, salah seorang pilot terbangun dan menyadari mereka berdua telah tertidur di saat yang bersamaan dan tidak mengetahui berapa lama pesawat itu terbang tanpa diawasi.

Kedua pilot kemudian secara sukarela melaporkan insiden itu ke CAA, yang merahasiakan nama kedua pilot itu untuk mendorong adanya pengungkap aib lain untuk berbicara.

Laporan CAA mengatakan, kru penerbangan itu menderita apa yang disebut dengan gejala "kelelahan akut".

"Kami akan mempelajari insiden ini dan memastikan situasi ini tak akan terulang di masa depan," kata CAA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com