Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit Afganistan Tembaki Pasukan AS, 3 Tewas

Kompas.com - 22/09/2013, 08:47 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Seorang prajurit Afganistan menembak mati tiga prajurit AS, Sabtu (21/9/2013), dalam sebuah kasus "serangan orang dalam" terbaru. Demikian sejumlah sumber keamanan menyebutkan.

Serangan yang dilakukan anggota pasukan Afganistan terhadap rekan-rekannya dari pasukan asing mengakibatkan jumlah korban tewas tidak sedikit di antara pasukan koalisi pimpinan AS.

"Tiga anggota pasukan ISAF tewas ketika seseorang yang mengenakan seragam militer Afganistan menembak mereka di Afganistan timur," demikian pernyataan resmi ISAF.

Seorang perwira Afganistan yang enggan disebutkan namanya mengatakan serangan itu terjadi saat sebuah sesi latihan di Provinsi Paktia yang rawan pemberontak.

Prajurit Afganistan itu menembaki pasukan AS dan menewaskan dua prajurit di lokasi. Prajurit ketiga tewas di rumah sakit akibat luka yang terlalu parah.

Prajurit penyerang itu akhirnya tewas, setelah pasukan AS dan Afganistan lainnya membalas tembakannya.

Tahun ini sudah terjadi tujuh kali "serangan orang dalam" terhadap pasukan koalisi. Jumlah ini menurun drastis dibanding pada 2012 yang mencapai 48 insiden.

Militer dan kepolisian Afganistan akan bertanggung jawab penuh terhadap keamanan negerinya dan memerangi pemberontak Taliban setelah 87.000 pasukan NATO akan ditarik mundur pada akhir 2014, setelah 13 tahun bertempur di Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com