Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi Korupsi, Pemerintah China Larang Pejabat Gelar Pesta

Kompas.com - 13/08/2013, 21:29 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China, akan melarang para pejabat negara menggelar pesta dalam acara-acara resmi.

Kebijakan ini merupakan langkah terbaru pemerintahan Presiden Xi Jinping memerangi korupsi. Demikian kantor berita Xinhua melaporkan, Selasa (13/8/2013).

Semua area pemerintahan akan dilarang menggunakan anggarannya untuk menggelar pesta yang tak jarang melibatkan para selebriti. Xinhua mengutip sumber di dalam pemerintahan yang mengancam pelanggar aturan ini dengan sanksi berat.

Aturan baru ini mengingatkan tekad Xi Jinping memberantas korupsi saat dia mengambil alih kepemimpinan negara November tahun lalu.

Xi juga memerintahkan untuk menghentikan praktik "menjilat" yang biasa dilakukan warga lokal saat menyambut pejabat dan melarang konsumsi alkohol di kalangan militer.

Partai Komunis China yang khawatir berbagai citra buruk pejabatnya akan semakin melonggarkan cengkeraman kekuasaannya, berupaya keras menampung semua keluhan masyarakat terkait maraknya korupsi, terutama yang dilakukan para pejabat negara.

Xi Jinping pernah memperingatkan bahwa masa depan partai dalam bahaya dan negara bisa menghadapi kemarahan rakyat jika korupsi tidak segera diberantas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com