Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga di Desa AS Ini Kaget Air yang Keluar Warnanya Pink

Kompas.com - 07/06/2019, 12:21 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

COLUMBUS, KOMPAS.com - Ratusan orang di desa Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat (AS), kaget ketika mendapati air yang keluar dari keran mereka berwarna pink.

Masyarakat di Coal Grove langsung panik ketika melihat air mereka tidak lazim. Namun otoritas setempat meyakinkan mereka bahwa air itu layak dikonsumsi.

Baca juga: 5 Fakta Kasus Anak Disiram Air Panas oleh Ibu Angkat di Depok

Senin kemarin (3/6/2019), warga desa kecil itu melihat air yang keluar dari keras warnanya pink cerah sehingga melaporkannya kepada otoritas setempat.

Dilansir Oddity Central Kamis (6/6/2019), setelah menerima banyak keluhan dari penduduk, otoritas kemudian memberi penjelasan sekaligus meminta maaf.

Dalam penjelasan mereka, terjadi malfungsi di bagian pompa perawatan air dan berakibat kepada terlepasnya Sodium Permanganate dalam jumlah banyak di tangki.

Meski begitu, otoritas menerangkan bahwa air itu masih bisa diminum karena berdasarkan uji laboratorium, kandungan Sodium Permanganate masih jauh dari ancaman risiko kesehatan.

Operator perusahaan air Coal Grove kepada WSAZ berujar, terdapat 45 kg Sodium Permanganate yang masuk. Jauh jika dibandingkan pemakaian sehari-hari yang hanya 3 kg.

Meski bahan kimia yang masuk begitu besar jumlahnya, Stephen Burchett menjelaskan tidak berbahaya. "Tidak. Begitu diencerkan, tidak berbahaya sama sekali," bebernya.

Sodium Permanganate biasanya digunakan untuk menghilangkan zat besi dan mangan dalam air. Dengan mengoksidasi mereka, kedua zat itu bisa ditangkap saringan sebelum air dialirkan ke pipa.

Pejabat Coal Grove menuturkan mereka mengimbau kepada warga untuk terus menerus menyalakan keran itu sehingga airnya terus mengalir dan kembali normal.

Meski sudah mendapat jaminan dari perusahaan air, sejumlah warga mengungkapkan mereka bakal bergantung kepada air kemasan di botol hingga semuanya kembali normal.

"Tidak mungkin saya mau meminum air itu," ujar salah seorang warga perempuan yang tak disebut identitasnya. "Lebih baik saya minum air kolam sebelum minum air itu," lanjutnya.

Baca juga: Ibu Angkat yang Siram Anaknya dengan Air Panas Ditangkap Saat Akan Melarikan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com