Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 9 Danau Terdalam di Berbagai Belahan Dunia..

Kompas.com - 13/12/2018, 06:07 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Danau merupakan cekungan air yang menjadi tempat berkumpulnya air, baik itu tawar atau asin, dalam satu tempat yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Biasanya, air yang berada dalam danau terjadi karena aliran sungai, mencairnya es, atau terdapat mata air.

Danau juga dimanfaatkan untuk keperluan tertentu, baik itu sebagai sumber perekonomian maupun untuk olahraga. Di dunia terdapat banyak danau yang memiliki kedalaman dan luas yang berbeda-beda.

Berikut merupakan sembilan danau terdalam di dunia :

1. Danau Baikal

Danau BaikalBritannica Danau Baikal

Danau Baikal terletak di Siberia, Rusia. Danau ini juga merupakan danau air tawar tertua di dunia dengan kedalaman 1.620 meter. Diperkirakan usianya 20 juta hingga 25 juta tahun.

Seperti danau lain dalam daftar ini, Baikal adalah rumah bagi sejumlah besar spesies hewan dan tumbuhan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Salah satu yang paling luar biasa adalah anjing laut baikal (juga disebut nerpa), satu-satunya spesies anjing laut di dunia yang hidup secara eksklusif di habitat air tawar.

Bagaimana leluhur anjing laut itu tiba di Danau Baikal tetap menjadi misteri, karena danau itu terletak ratusan kilometer ke daratan.

2. Danau Tanganyika

Danau TanganyikaBritannica Danau Tanganyika
Danau Tanganyika adalah danau air tawar terbesar kedua di dunia dan danau terdalam kedua. Danau ini terletak di perbatasan antara Zambia, Burundi, Tanzania, dan Republik Demokratik Kongo.

Ini merupakan danau yang relatif panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Danau ini memiliki kedalaman 1.025 meter.

Sejak zaman batu, komunitas manusia di tepi danau mencari makan dengan memancing di sana.

Namun, praktik penangkapan ikan komersial modern, yang diperkenalkan pada 1950-an, telah berkontribusi pada masalah penangkapan ikan yang berlebihan dalam beberapa dekade terakhir.

3. Laut Kaspia

Laut KaspiaBritannica Laut Kaspia

Laut Kaspia, yang masih diperdebatkan apakah laut atau danau, terletak di antara Pegunungan Kaukasus dan stepa di Asia Tengah.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com