Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Akuarium Terbesar di Paris Tampung Ikan Peliharaan yang Dibuang

Kompas.com - 21/08/2018, 15:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Wahana akuarium terbesar di Paris membuka tempat penampungan untuk ikan-ikan peliharaan yang sudah tidak diinginkan pemiliknya.

Penduduk kota Paris yang berniat membuang ikan peliharaan mereka ke sungai atau toilet diimbau untuk membawanya ke Aquarium de Paris, yang siap merawat ikan-ikan peliharaan milik warga.

Langkah yang dilakukan Aquarium de Paris tersebut dipicu keprihatinan akan banyaknya ikan emas maupun ikan peliharaan lainnya yang harus berakhir mati karena dibuang ke saluran pembuangan.

Program layanan penyelamatan ikan emas peliharaan ini telah dibuka sejak dua tahun lalu dan saat ini sekitar 50 orang datang untuk menyerahkan ikan peliharaannya setiap bulan.

Baca juga: Trio Pencuri Ambil Hiu dari Akuarium, dan Disamarkan sebagai Bayi

Jumlah warga yang datang akan ke layanan itu semakin banyak sekitar waktu liburan musim panas yang panjang.

Setelah satu bulan dalam tangki karantina dan mendapat antibiotik serta perawatan anti-parasit ikan-ikan itu kemudian dilepas ke tangki yang lebih besar di mana mereka dapat disaksikan langsung oleh pengunjung akuarium.

"Beberapa dari ikan-ikan itu datang ke sini dalam kondisi yang sangat lemah," kata Celine Bezault, staf perawat ikan di kompleks wahana akuarium raksasa yang terletak di seberang Menara Eiffel itu.

Direktur Aquarium de Paris, Alexis Powilewicz, mengatakan program layanan tersebut menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesejahteraan hewan peliharaan.

"Saya melihat telah ada peningkatan kesadaran di masyarakat bahwa penganiayaan hewan adalah masalah nyata," kata Powilewicz kepada AFP.

Kelompok Perlindungan Hak-Hak Hewan dan Perlakuan Etis terhadap Satwa (PETA) telah lama berkampanye menentang hobi memelihara ikan mas atau memperjualbelikannya dalam kantong plastik.

Baca juga: Taruh Hiu di Dalam Akuarium, Restoran Malaysia Menuai Kecaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com