Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idap Kondisi Misterius, Wajah Remaja Ini seperti Umur 80 Tahun

Kompas.com - 07/06/2018, 20:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HARBIN, KOMPAS.com - Jika dilihat, Xiao Cui yang tinggal di kota Harbin, China, mempunyai wajah berusia sekitar 80 tahun.

Namun, dia adalah siswa senior sebuah SMA yang masih berusia 18 tahun. Wajahnya terlihat tua karena mengidap kondisi misterius.

Dilansir Oddity Central Rabu (6/7/2018), Xiao mengaku mulai mengidap kondisi tersebut ketika dia masih duduk di bangku SMP.

Baca juga: Bukan Soal Sel Otak, Ini yang Sebenarnya Terjadi saat Kita Menua

Saat itu, dia merasa kulit di wajahnya semakin mengendur, membuatnya terlihat lebih tua beberapa puluh tahun dari teman-temannya.

Dia memeriksakan diri ke dokter, namun mereka masih belum mengetahui apa penyebab wajah Xiao bisa mengendur melebihi usianya seperti itu.

Untungnya, meski wajahnya terlihat menua, namun kelainan tersebut tidak memberikan dampak negatif kepada tubuhnya.

Xiao tidak punya jalan lain selain menerima kondisinya, dan mencoba untuk berpikir serta bertindak positif.

Dia mengaku beruntung karena dikelilingi oleh keluarga maupun teman-teman yang selalu memberikan semangat sehingga dia bisa lebih optimis menatap hidup.

Xiao mendapat julukan Superman dari teman-teman sekolahnya karena dia unggul di mata pelajaran, dan dikenal sebagai murid yang pintar.

Guru-gurunya sering memujinya, dan berkata jika Xiao belajar tekun, dia bakal diterima di universitas top, dan sukses di jenjang karir yang dipilih.

Xiao mengaku, sering dia mendengar orang menertawakan wajahnya yang kadang membuatnya tersinggung. Namun, dia mencoba menghadapinya dengan pikiran positif.

"Bohong jika saya tidak merasa terganggu dengan orang-orang yang membicarakan saya. Tapi, kekuatan terbesar saya adalah bersikap positif," tegasnya.

Baca juga: Peneliti Temukan Struktur Enzim untuk Bikin Obat Perlambat Penuaan

Saat ini, Xiao dilaporkan belajar keras agar bisa diterima di antara Universitas Beijing atau Universitas Tsinghua, dua perguruan tinggi favorit China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com