Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Inggris

Kompas.com - 18/02/2018, 11:28 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


LONDON, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang seluruh wilayah Wales dan barat daya Inggris, Sabtu (17/2/2018).

Gempa tersebut diperkirakan sebagai gempa terkuat selama 10 tahun terakhir di Inggris. Badan Geologi Inggris (BGS) menyebutkan, pusat gempa berada sekitar 13 km timur laut dari pusat kota Swansea, dekat dengan desa Clydach.

Dilansir dari The Independent, ribuan orang melaporkan getaran yang terasa di wilayahnya.

Guncangan gempa juga dirasakan warga di Inggris sebelah barat daya. Penduduk di Bristol dan Cornwall dapat merasakan guncangan gempa.

Baca juga : Gempa Bermagnitudo 7,2 Guncang Meksiko, 2 Orang Tewas

Salah satu warga, Alison Morgan mengatakan, rekannya menyadari telah terjadi gempa ketika wine di sebuah toko bergetar dan sebuah genteng jatuh dari langit-langit.

"Saya pikir itu adalah truk yang lewat, tapi ternyata itu getaran gempa bumi," ucapnya.

Di Bristol, ada beberapa laporan mengenai bangunan yang rusak akibat gempa.

Layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan juga telah menerima setidaknya enam panggilan terkait dengan kerusakan properti. Petuga juga sudah meluncur ke lokasi untuk memastikan banguna tersebut aman.

"Kami meninjau rumah di wilayah Knowle dan melakukan pengecekan. Namun, kami tidak menemukan kerusakan," kata juru bicara pemadam kebakaran.

Baca juga : Bagi Pakar DNA, Kulit Hitam Moyang Orang Inggris Bukan Hal Aneh

Universitas Swansea juga melakukan evakuasi terhadap mahasiswa yang sedang menghadiri sebuah acara di kampus tersebut.

"Anak saya yang berada di toilet saat dinding mulai bergetar selama enam detik," kata Dermot Martin, orangtua mahasiswa.

Kepolisian South Wales mengimbau agar masyarakat tidak menghubungi layanan darurat apabila tidak kerusakan atau korban luka akibat gempa.

Sementara itu, BGS sedang melakukan analisis data dari peristiwa gempa dan akan memberikan informasi lebih lanjut dengan segera.

BGS juga melaporkan ada lebih dari 300 gempa yang tercatat terjadi di Inggris setiap tahunnya.

Namun, gempa berkekuatan magnitudo 4 atau lebih merupakan kejadian yang jarang menimpa Inggris, rata-rata terjadi setiap 3 hingga 5 tahun sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com