Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2018, 11:57 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

ROMA, KOMPAS.com —  Nama Indonesia kembali berkibar dalam pembukaan pertemuan ke-41 Governing Council-International Fund for Agricultural Development of the United Nations (IFAD) tanggal 13-14 Februari 2018 di Roma, Italia.

Rionald Silaban, Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional, terpilih sebagai Vice-Chair/Wakil Ketua untuk periode 2018-2020.

Silaban secara aklamasi memperoleh kepercayaan kembali dari seluruh anggota untuk periode kedua berturut-turut.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com disebutkan, kali ini Indonesia terpilih bersama-sama dengan Chair dari Belanda dan Vice-Chair kedua dari Argentina.

Governing Council merupakan dewan pengambil keputusan tertinggi di IFAD yang terdiri dari negara-negara anggota.

Baca juga: Ke KBRI Roma, Radja Nainggolan Siap Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Badan PBB yang dipimpin Gilbert F Houngbo ini merupakan satu-satunya institusi keuangan internasional yang secara khusus didedikasikan untuk mendorong investasi di kawasan pedesaan.

Tujuan badan itu adalah untuk pengentasan warga miskin dan kelaparan.

Saat ini, sekitar 80 persen dari 815 juta penduduk kategori sangat miskin di dunia ada di kawasan pedesaan dan mayoritas adalah petani.

Dalam sesi pembukaan sidang, hadir Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dan Menteri Pertanian Peru, yang mewakili Presiden Republik Peru Pedro Pablo Kuczynski Godard.

Keduanya menyampaikan upaya negaranya masing-masing untuk memperbaiki sektor pertanian sebagai prioritas penting dalam menopang pembangunan nasional yang berkelanjutan.

"Kerja sama dengan IFAD baik untuk Indonesia karena ditujukan kepada petani kecil. Saat ini, program IFAD di Indonesia diprioritaskan bagi petani dan nelayan di Indonesia timur," ujarnya.

"Sejak 2017, IFAD memilih Jakarta sebagai kantor regionalnya, yang merupakan bentuk kepercayaan terhadap peran penting Indonesia," kata Silaban.

Lebih lanjut disampaikan Silaban, kontribusi Indonesia di IFAD merupakan salah satu bentuk bantuan bagi masyarakat internasional.

Indonesia dinilai berhasil membangun perekonomian dari lower income menjadi middle income countries.

Sementara itu, Kuasa Usaha Sementara KBRI Roma, Charles F Hutapea, mewakili Duta Besar Esti Andayani, menyambut baik penunjukan kembali Indonesia sebagai pimpinan sidang IFAD.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com