Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

260 Juta Anak di Dunia Putus Sekolah, Kebanyakan Usia SMA

Kompas.com - 25/10/2017, 18:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Semakin majunya fasilitas maupun metode pendidikan ternyata tidak bisa dinikmati oleh semua anak di dunia.

Badan PBB yang membawahi pendidikan, sains, dan kebudayaan (UNESCO) merilis setidaknya ada 260 juta di Bumi ini tidak bisa bersekolah.

Temuan itu didapat setelah Institut Statistik UNESCO, berkolaborasi dengan Pengawas Pendidikan Global (GEM Report) mengambil sampel dari 128 negara dalam kurun 2010-2015.

Data itu diambil sebagai bagian dari program UNESCO berjudul "Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030".

Dari 260 juta anak yang tidak bersekolah, 61 juta diantaranya berada pada usia awal bersekolah (SD) (6-11 tahun).

Kemudian 60 juta anak di umur sekolah menengah pertama (SMP) (12-14 tahun). Sisanya, 142 juta, berada dalam usia sekolah menengah lanjutan (SMA) (15-17 tahun).

Baca juga : Ikuti Jejak AS, Israel Juga Keluar dari UNESCO

Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, menyebut banyaknya usia muda yang putus sekolah merupakan kegagalan dunia pendidikan saat ini.

"Kita harus mengatasinya bersama. Sebab, pendidikan adalah usaha bersama, dan hanya bisa didapat lewat usaha berkelanjutan," kata Bokova dilansir dari Al Jazeera.

Bokova melanjutkan, berdasarkan laporan yang dia terima, jika dirata-rata, hanya satu dari empat orang di seluruh dunai yang menamatkan pendidikan menengahnya di 40 negara.

Sementara di 60 negara, hanya satu dari dua anak yang setidaknya mengenyam bangku SMP.

"Mekanisme yang bagus harus segera dibuat, dengan pemerintah menjadi ujung tombak pertama agar setiap warga bisa mendapatkan hak pendidikan," ujar Bokova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com