Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Baru RI untuk Australia Serahkan "Letter of Credence"

Kompas.com - 28/06/2017, 21:54 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Australia merangkap Vanuatu, Y. Kristiarto S. Legowo, resmi menyerahkan surat-surat kepercayaan atau letter of credence kepada Gubernur Jenderal Australia, Peter Cosgrove.

Acara berlangsung di Governor House, Canberra, Selasa (27/6/2017), pukul 10.00 waktu setempat.  

Usai acara, Kristiarto langsung melakukan pertemuan bilateral dengan Cosgrove.

Sementara, secara terpisah istri Kristiarto, Caecilia S. Legowo mengadakan pertemuan dengan istri Cogrove, Lady Cosgrove.

Dalam pertemuan tersebut, Kristiarto menyampaikan komitmen Pemerintah RI untuk terus memperkuat kemitraan strategis Indonesia dan Australia di berbagai bidang.

Kristiarto mengapresiasi peran Cosgrove saat menjabat sebagai Chief of Australian Defense Force yang memimpin langsung pemberian bantuan kemanusiaan di Aceh dari Pemerintah Australia, pasca bencana Tsunami pada tahun 2004.

Dubes RI juga mengapresiasi peran Cosgrove sebagai patron New Colombo Plan (NCP), sebuah program Pemerintah Australia yang mendorong mahasiswa dari Benua Kangguru untuk belajar dan magang di negara-negara Asia Pasifik.

Sejak diluncurkan tahun 2014 lalu, Indonesia menjadi tujuan favorit mahasiswa Australia. Hingga tahun ini jumlahnya mencapai 3.205 orang.

Dubes RI menegaskan, Australia bukan hanya mitra dan negara tetangga terdekat, melainkan juga mitra strategis bagi Indonesia.

Sementara itu, Cosgrove menyatakan kerjasama antar masyarakat, termasuk melalui peningkatan jumlah wisatawan dan mahasiswa maupun pelajar kedua negara, sangat penting dalam meletakkan fondasi hubungan bilateral yang kokoh.

Hal itu juga sekaligus untuk mempromosikan sikap saling pengertian di antara kedua negara.

Cosgrove juga berharap dapat bertemu kembali dengan Presiden Joko Widodo saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara para Pemimpin ASEAN dan Australia yang akan diselenggarakan pada Maret 2018 di Sydney.

Setelah melakuan pertemuan bilateral, dilakukan upacara penghormatan untuk Dubes RI oleh pasukan kehormatan.

Juga, diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan oleh marching band militer Australia.

Dubes RI kemudian melakukan pemeriksaan pasukan kehormatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com