Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Selatan Diguncang Gempa Kuat

Kompas.com - 09/05/2017, 14:11 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah gempa bumi kuat melanda Jepang selatan, Selasa (9/5/2017), namun tidak ada peringatan tsunami dan laporan kerusakan atau korban jiwa.

Menurut lembaga survei geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berkekuatan 6,0 skala Richter berpusat di kedalaman 10 km di lepas pantai Pulau Miyako, kepulauan selatan Okinawa.

Sedangkan Badan Meteorologi Jepang, seperti dilaporkan AFP, memperingatkan adanya perubahan pada tinggi muka laut akibat gempa, tapi tidak mengeluarkan peringatan tsunami.

Miyako berpenduduk sekitar 55.000 orang dan terletak sekitar 1.840 km di barat daya Tokyo dan sekitar 380 km timur Taipei.

Jepang berada di persimpangan empat lempeng tektonik. Negeri Sakura ini sering mengalami gempa yang relatif kuat meski kerusakan jarang terjadi.

Negara ini selalu siap dalam menghadapi bencana gempat, antara lain dengan membuat ketentuan bangunan yang ketat dan kesadaran akan gempa yang telah meluas.

Gempa bawah laut besar pada 11 Maret 2011 sempat menyebabkan tsunami di pantai utara Jepang.

Selain itu, lebih dari 18.500 orang tewas atau hilang dan tiga reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima hancur.

Bencana itu merupakan yang terburuk di Jepang setelah Perang Dunia II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com