Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan "St. Patrick's Day", Air Sungai Chicago Jadi Hijau

Kompas.com - 14/03/2017, 08:51 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Seorang juru foto mengabadikan proses berubahnya warga air Sungai Chicago, di Chicago, Amerika Serikat, dengan metode time-lapse.

Pembuatan warna air sungai menjadi hijau itu dilakukan sebagai bagian dari perayaan tahunan "St. Patrick's Day" yang diperingati setiap tanggal 17 Maret.

Time-lapse adalah sekumpulan foto yang diambil dengan periode yang beraturan untuk menggambarkan proses, pergerakan, atau perubahan suatu objek.

Lalu diproses editing dilakukan dengan menambah kecepatan (speed duration).

Sementara, St.Patrick's Day adalah hari memperingati Santo Patrick, seorang santo yang membawa agama Kristen ke Irlandia di abad V.

Hari St. Patrick adalah hari libur resmi di Republik Irlandia, Irlandia Utara, Montserrat, serta Provinsi Newfoundland dan Labrador di Kanada.

Namun peringatan ini pun meriah dilakukan di Amerika Serikat. Perayaan ini diperingati khususnya oleh bangsa Irlandia dan keturunannya.

Santo Patrick menjelaskan doktrin tritunggal melalui daun "shamrock" atau daun semanggi. Sementara warna hijau pun menjadi warna kebangsaan di Irlandia.

Fotografer bernama Peter Tsai mengunggah hasil karyanya itu di jejaring berbagi video, Youtube.

Dalam rekaman itu terlihat bagaimana air di sungai itu berubah menjadi hijau pada Sabtu lalu. Gambar diambil dari jendela kamar di Hotel Hyatt Chicago.

"Bagian dari tradisi tahunan di Chicago, sejumlah pekerja yang memahami bidang itu menggunakan, serbuk jingga rahasia yang bisa mengubah warna air menjadi hijau terang," tulis Tsai dalam videonya, seperti dikutip laman UPI.com.

Proses penghijauan warna air di sungai tersebut tahun ini dilaporkan menggunakan lebih dari 20 kilogram pigmen tumbuhan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com