Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Tower Bridge "KW" di China Picu Perdebatan di Antara Warga

Kompas.com - 01/03/2017, 06:59 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah tiruan Tower Bridge London yang berada di kota Suzhou, China mengundang kontroversi dan pedebatan di kalangan warga negeri itu.

Sebagian warga menilai Tower Bridge "KW" ini jauh lebih bagus dari versi aslinya di London. Namun, sebagian lainnya menyebut bangunan itu adalah konstruksi terburuk di China.

Tower Bridge ala Suzhou ini adalah satu dari banyak bangunan ikon dunia yang didirikan di berbagai penjuru China.

Jembatan ini dibangun pada 2014 dan melintasi Sungai Yuanhetang, sekilas mirip dengan "kembarannya" di London. Perbedaannya, jembatan di China ini memiliki empat menara.

Jembatan ini memiliki lebar 45,9 meter, sudah termasuk jalur lambat, jalur cepat, dan trotoar. Sementara tinggi setiap menara adalah 40 meter dengan pondasi 10 meter persegi.

wikipedia Tower Bridge, London.

Tak hanya itu, empat buah mahkota emas ditempatkan di puncak setiap menara di jembatan ini.

Di antara menara-menaranya dibangun jembatan penghubung yang dilengkapi jendela, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan sungai.

Jembatan yang dibangun dengan ongkos ratusan juta yuan itu telah memicu perdebatan di tengah warga setempat.

Sebagian warga lokal menyukai bangunan yang kerap digunakan sebagai lokasi foto pernikahan. Namun, sejumlah orang lainnya merasa malu melihat bangunan tersebut.

Di China banyak tiruan bangunan terkenal yang didirikan misalnya Gedung Capitol (AS), Menara Eiffel (Perancis), Arc de Triomphe (Paris), dan Istana Buckingham (Inggris).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com