Selasa, 28 Maret 2017

Internasional

Denmark Negeri Paling Bersih dari Korupsi, Indonesia Ke-90

Rabu, 25 Januari 2017 | 18:15 WIB
TOTO SIHONO Ilustrasi KPK

KOMPAS.com - Denmark dan Selandia Baru menempati dua tempat teratas negara paling bersih dari korupsi 2016 yang dirilis Transparansi Internasional.

Sementara di posisi lima besar negara paling bersih dari korupsi ditempati Finlandia, Swedia, dan Swiss.

Untuk benua Asia, Singapura menjadi negara paling bersih dengan menempati peringkat ketujuh.

Di posisi kedua untuk benua Asia ditempati Hongkong (15), disusul Jepang (20), dan Uni Emirat Arab (24), bersama Chile, dan Bahama.

Yang cukup mengejutkan adalah Bhutan. Negeri kecil di Himalaya itu menempati peringkat 27 dunia negara paling bersih dari korupsi.

Bagaimana dengan Indonesia? Tahun lalu Transparansi Internasional menempatkan Indonesia di peringkat ke-90 dari 176 negara yang disurvei.

Indonesia berada di bawah Malaysia yang berada di peringkat 55, tetapi berada di atas Thailand (101), Myanmar (136), Laos (123), Kamboja (156), Vietnam (113), serta Timor Leste dan Filipina (101).

Presiden Transparansi Internasional Jose Ugaz mengatakan, negara-negara dengan pemerintahan otokratik menjadi tempat di mana persepsi korupsi meningkat.

Jose mengambil contoh Turki, di mana Presiden Recep Tayyip Erdogan tengah berupaya memperkokoh kekuasaannya.

Berdasarkan hasil survei Transparansi, Turki secara keseluruhan mendapatkan nilai 41 dalam skala CPI (indeks persepsi korupsi) dan menempati peringkat ke-75.

Padahal tiga tahun lalu, Turki berada di peringkat ke-50 dari 176 negara di dunia.

"Di negara-negara dengan pemimpin populis atau otokratik, kami kerap melihat penurunan kualitas demokrasi, pembungkaman masyarakat sipil, pembatasan kebebasan pers, dan lemahnya sistem hukum," ujar Jose.

Amerika Serikat dalam daftar ini menempati peringkat ke-18, tetapi dari perolehan nilai negeri ini menurun dibanding tahun lalu.

Transparansi tak menyebut hal ini terpengaruh dengan kemenangan Donald Trump dalam pemilu, tetapi mengatakan pemerintahan Trump akan sarat dengan konflik kepentingan.

Di daftar yang sama, Somalia menjadi negeri paling korup di dunia disusul Sudan, dan Korea Utara.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Independent, Transparansi Internasional,
TAG: