Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Situs Paedofilia Dipenjara 20 Tahun

Kompas.com - 16/01/2017, 08:00 WIB

KOMPAS.com — Michael Fluckiger, seorang warga Amerika Serikat, dijatuhi hukuman 20 tahun penjara karena mengelola situs yang mempertukarkan foto-foto pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Michael Fluckiger adalah pengelola situs yang disebut Playpen, berlokasi di jaringan Tor yang digunakan untuk kegiatan internet anonim.

Fluckiger terbukti menjalankan situs yang khusus untuk para anggotanya itu. Demikian diungkapkan pihak Departemen Kehakiman AS.

Penyelidikan atas situs itu diyakini berhasil menyelamatkan 49 anak-anak AS yang menjadi korban penyalahgunaan seksual.

Pemirsa tersembunyi

Fluckiger adalah salah satu administrator situs, dan membantu anggota Playpen melihat dan membaca puluhan ribu pesan yang berkaitan dengan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Lelaki dari dari Portland, Indiana, ini mengelola daftar keanggotaan, menjaga aturan situs, dan menghapus setiap konten yang tidak terkait dengan gambar tidak senonoh anak-anak.

Dua orang lainnya yang membantu menjalankan situs, yaitu David Lynn Browning dari Kentucky dan Steven W Chase dari Florida. Mereka telah mengaku bersalah dan dijadwalkan akan segera menerima vonis.

Di AS, tercatat ada 48 pelaku pelecehan aktif terhadap anak-anak telah dituntut sebagai hasil penyelidikan ini.

Ditambahkan, secara total sudah dilakukan 200 penuntutan sebagai hasil dari penyelidikan yang sudah berlangsung lama.

Tor adalah server yang menyembunyikan identitas dan lokasi browser dengan mengenkripsi data dan memantulkannya di antara komputer-komputer yang berbeda.

Lembaga penegak hukum menangkap administrator situs, dan banyak anggota Playpen, dengan menggunakan teknik yang melucuti anonimitas yang didapatkan dari Tor.

Gugatan hukum terhadap teknik investigasi ini telah diajukan oleh beberapa terduga anggota Playpen.

Sebab, setelah penangkapan para administrator situs itu, FBI terus membiarkan situs Playpen beroperasi selama 13 hari untuk mengumpulkan informasi tentang para anggotanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com