Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Khusus Korut Berlatih Serbu Kantor Presiden Korsel

Kompas.com - 13/12/2016, 08:58 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Niat Korea Utara untuk menyerang tetangga, saudara, sekaligus musuh bebuyutannya Korea Selatan tak kunjung padam.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengabarkan, pemimpin negeri itu Kim Jong Un dikabarkan menyaksikan sebuah latihan perang istimewa belum lama ini.

Dalam latihan itu digelar simulasi serangan besar ke Gedung Biru, kantor presiden Korea Selatan.

Untuk membuat simulasi ini terlihat nyata, sebuah replika Gedung Biru dibangun untuk kemudian diserang dan dibumihanguskan.

Selain mengabarkan latihan perang ini, KCNA juga merilis sejumlah foto Kim Jong Un yang dikelilingi para jenderalnya mengawasi kegiatan tersebut.

"Sangat bagus, pasukan musuh tak akan memiliki waktu untuk bersembunyi, apalagi melakukan serangan balasan," demikian Kim Jong Un seperti dikabarkan KCNA.

Sementara itu, dari seberang perbatasan, Seoul mengecam keras latihan tersebut dan mengancam adanya konsekuensi fatal untuk Pyongyang jika negeri itu memaksakan konfrontasi.

"Jika musuh terus menggelar provokasi berdasarkan pemikiran buruk mereka, kami akan membalas dengan sebuah serangan fatal terhadap kepemimpinan Korea Utara," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

PM Hwang Kyo-ahn, yang menjadi pelaksana tugas presiden setelah parlemen sepakat memakzulkan Park Geun-hye, langsung menggelar rapat darurat dan meminta militer meningkatkan kewaspadaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com