Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Dua Perempuan Tewaskan 30 Orang

Kompas.com - 09/12/2016, 22:19 WIB

KANO, KOMPAS.com – Tiga puluh orang tewas dan 57 lainnya terluka akibat bom bunuh diri oleh dua perempuan di sebuah pasar yang ramai di Madagali, Nigeria, Jumat (9/12/2016).

"Sebanyak 30 orang tewas akibat ledakan bunuh diri oleh dua perempuan di sebuah pasar Madagali,” kata juru bicara militer, Mayor Badare Akintoye kepada Agence France-Presse.

"Petugas keamanan telah menguasai wilayah tersebut untuk mencegah musuh melakukan serangan yang lain,” katanya kepada Reuters.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, kelompok garis keras Boko Haram dituding berada di balik serangan itu.

Boko Haram beraksi untuk pertama kali pada tahun 2009 dan hanya bergerilya di Nigeria. Kini telah melebarkan pengaruhnya ke beberapa negara tetangga, termasuk Niger, Chad, dan Kamerun.

Militer Nigeria mengklaim kemenangan besar atas para pemberontak itu dalam beberapa pekan terakhir. Namun, warga sipil yang tak berdaya masih menghadapi ancaman serius.

Pemberontakan Boko Haram telah menewaskan lebih dari 15.000 orang sejak 2009. Tidak ada kemajuan yang dapat dilakukan oleh Nigeria dalam mengalahkan Boko Haram. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com