Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Jatuh dan Terbakar, ATR-42 PIA Sempat Keluarkan Panggilan Darurat

Kompas.com - 08/12/2016, 17:07 WIB

SADDHA BATOLNI, KOMPAS.com - Pesawat penumpang milik Pakistan International Airways (PIA) yang jatuh bersama 47 orang di dalamnya, sempat mengeluarkan panggilan darurat sebelum hilang dari radar.

Tak lama setelah dinyatakan hilang dari pantauan radar, pesawat ATR-42 itu dipastikan jatuh dan terbakar di wilayah pegunungan di utara Pakistan.

Seluruh penumpang dan kru yang ada di dalam pesawat itu dinyatakan tewas. Kini, otoritas terkait sedang melakukan pemeriksaan DNA atas jenazah para korban, untuk kepentingan identifikasi. 

Pesawat PIA jatuh menghantam lereng gunung, setelah salah satu dari dua mesin turbo gagal berfungsi. 

Kecelakaan terjadi dalam penerbangan domestik dari wilayah resor di Kota Chitral ke Ibu Kota Pakistan, Islamabad. 

Pesawat langsung hancur terbakar sesaat setelah menghujam ke bumi. Pecahan bangkai pesawat ditemukan hingga ratusan meter dari titik jatuhnya pesawat, di wilayah Distrik Abbottabad, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Dalam laporan yang dilansir AFP, Kamis (8/12/2016), disebutkan, pilot pesawat sempat melakukan kontak dengan otoritas di bandara, sesaat setelah salah satu mesin mati.

Panggilan darurat itu tercatat pada pukul 16.14 waktu setempat, atau 19.14 WIB, kemarin.

Informasi ini diungkapkan pimpinan PIA Azam Saigol dalam konferensi pers di Islamabad, Kamis. 

Semenit kemudian, pesawat terlihat menurun, dan pada pukul 16.16 hilang dari pantauan radar. 

"Pesawat itu secara teknis dalam kondisi laik terbang, dan telah menjalani cek menyeluruh pada bulan Oktober lalu," kata Azam.

Sementara, kapten pilot yang menerbangkan pesawat itu telah membukukan catatan 12.000 jam terbang dan bekerja di PIA sejak sembilan tahun lalu. 

"Fokus kami saat ini adalah untuk mengangkat seluruh jasad dari lokasi kecelakaan," kata dia, sambil menjanjikan investigasi menyeluruh atas musibah ini.

Jurubicara PIA Danyal Gilani mengatakan, kotak hitam pesawat telah ditemukan. Namun, membutuhkan waktu untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Dalam pemberitaan awal sempat dikabarkan jumlah korban tewas sebanayak 48 orang. Namun berdasarkan data terakhir, jumlah korban sebanyak 47 orang. 

Baca: Warga Melihat Pesawat Terbakar Saat Jatuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com