Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kereta Api Bertabrakan dan Terbakar, 31 Orang Tewas, Puluhan Luka

Kompas.com - 25/11/2016, 19:42 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Setidaknya 31 orang tewas dalam kecelakaan kereta api yang terjadi di Provinsi Semnan, di utara Iran, Jumat (25/11/2016). 

Berdasarkan keterangan dari kantor gubernur setempat, kecelakaan terjadi saat sebuah kereta penumpang menabrak bagian belakang sebuah KA ekspres antarkota.

Lebih dari 70 orang dilarikan ke rumah sakit akibat musibah di jalur utama lintasan KA antara Ibu Kota Teheran dan kota terbesar kedua, Mashhad.

KA ekpres antarkota merupakan salah satu layanan KA dengan rute terjauh di Iran. Jalur ini melayani perjalanan penumpang antara Kota Tabriz  di arat laut ke Kota Mashhad.

Saat kecelakaan terjadi, KA tersebut sedang berhenti karena mengalami kerusakan mesin.

Sumber yang dikutip kantor berita AFP, menyebutkan, kerusakan mesin diduga terjadi akibat udara dingin bulan November yang sedang melanda kawasan itu, 

Dua gerbong terbakar habis dalam kecelakaan ini, akibat tabrakan yang terjadi pada pukul 7.50 waktu setempat atau sekitar pukul 12.20 WIB. 

Empat gerbong paling depan dari kereta kedua yang melaju dari Semnan menuju Mashhad, tergelincir dan terbalik.

"Semenit saya tertidur, dan semenit kemudian saya sudah diselamatkan dari kobaran api di gerbong," kata seorang penumpang yang dirawat di RS. 

Laporan lain menyebutkan, kereta itu berhenti di salah satu stasiun karena kerusakan mesin. Namun, ada pula yang menyebut, kereta itu berhenti empat kilometer dari stasiun Haft Khan, yang berada antara Semnan dan Damghan.

Direktur Palang Merah provinsi setempat, Hassan Shokrollahi menyebutkan, lokasi kecelakaan yang berada di kawasan terpencil membuat upaya penyelamatan mengalami hambatan. 

"Menyusul kesulitan itu, hanya helikopter kami yang bisa mencapai lokasi kecelakaan," kata dia. 

Korban luka dilarikan ke RS-RS yang berada di Semnan maupun Damghan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com