Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Rencana Obama Setelah Meninggalkan Gedung Putih?

Kompas.com - 14/11/2016, 12:47 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama sudah mendapatkan rumah baru bagi keluarganya saat mereka meninggalkan Gedung Putih pada Januari mendatang.

Namun, Obama masih bungkam soal rencananya setelah tidak menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat, tetapi diperkirakan secara finansial, keluarga Obama akan lebih dari baik-baik saja.

Salah satu penyebabnya adalah, saat mendekati masa akhir jabatan keduanya, tingkat penerimaan Obama terus meningkat.

Pada akhir Mei lalu, sebanyak 53 persen warga AS menyukai hasil kerja Obama. Angka ini meningkat dari 47 persen pada tahun lalu, menurut lembaga survei Gallup.

Level ini biasanya terus meningkat setelah meninggalkan jabatan sehingga tampaknya karier Obama setelah menjadi presiden akan berjalan lancar.

Meski hingga saat ini Obama masih bungkam, Burton Kaufman mengatakan, sebagian besar mantan presiden menjalani pola karier yang sama pasca-meninggalkan Gedung Putih.

Burton Kaufman adalah penulis buku The Post Presidency: From Washington to Clinton.

Dalam buku itu dijelaskan, beberapa mantan presiden mengikuti jejak George Washington, yaitu mundur sepenuhnya dari muka publik.

Sedangkan beberapa lainnya, seperti Bill Clinton, tetap muncul di hadapan publik dan memperkuat jejaring mereka, sekaligus bekerja di berbagai inisiatif global.

Lalu ada jalan ketiga yang dicontohkan Jimmy Carter, yang memilih peran sebagai aktivis kemanusiaan dan duta besar perdamaian sejak tak menjabat presiden.

Tampaknya, kehidupan Obama di luar Gedung Putih nantinya merupakan gabungan dari jalan Clinton dan Carter, ujar Kaufman.

Kaufman memprediksi, Obama akan terlibat dalam kegiatan kemanusiaan sembari mengisi koceknya dengan menjadi pembicara dalam berbagai kegiatan publik.

Kaufman juga meyakini bahwa Obama akan menulis memoar setelah meninggalkan Gedung Putih, apalagi Obama sudah menulis beberapa buku, misalnya Dreams from My Father.

"Obama akan banyak mendapat pesanan untuk menjadi pembicara dan dia akan menghasilkan banyak uang dari bukunya," kata Kaufman.

"Terlebih lagi, dia mengakhiri masa kerjanya dengan sangat baik dan dia juga merupakan penulis yang baik," tambah Kaufman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com