Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabung Gas Meledak di Kapal Tanker, Sekitar 40 ABK Terbakar

Kompas.com - 01/11/2016, 16:18 WIB

QUETTA, KOMPAS.com - Setidaknya lima orang tewas dan puluhan lainnya terbakar, ketika tabung gas meledak dan memicu kebakaran di dalam kapal tanker di selatan Pakistan, Selasa (1/11/2016).

Kecelakaan ini terjadi di galangan Gadani yang berada 50 kilometer sebelah barat Karachi, atau wilayah barat daya Provinsi Balochistan.

"Ledakan tabung gas menyebabkan api yang besar di dalam kapal. 40-an anak buah kapal terbakar dan setidaknya lima yang tewas," kata Sekretaris Kementerian Dalam Negeri Balochistan, Akbar Harifal.

Namun, seperti diberitakan AFP, Harifal langsung membantah adanya kesengajaan dalam insiden ini.

Mohammad Hashim, seorang pejabat senior di wilayah tersebut juga mengonfirmasi terjadinya insiden ini, termasuk jumlah korban jiwa. 

Rekaman video yang ditayangkan jaringan televisi setempat menggambarkan asap hitam yang mengudara dari kapal yang masih terbakar hebat.

Perdana Menteri Nawaz Sharif langsung menyampaikan ungkapan belasungkawa atas peristiwa ini melalui sebuah pernyataan tertulis.

Kecelakaan dunia industri di Pakistan merupakan hal yang terbilang umum. Sebab, banyak lingkungan kerja di negara ini yang mengabaikan aspek keselamatan.

Alat-alat yang digunakan pun kerap tak memenuhi standar keamanan, dan kurangnya perhatian parlemen untuk memperjuangan keselamatan kerja bagi buruh.

Di tahun 2012, terjadi kebakaran besar di sebuah pabrik tekstil di Karachi yang menewaskan 255 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com