Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkan Perjalanan Tokyo-London Menggunakan Kereta Api?

Kompas.com - 23/10/2016, 17:35 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah skema untuk memperpanjang jalur kereta api terpanjang di dunia Trans-Siberia hingga ke Jepang kini tengah dipertimbangkan dengan serius.

Sejumlah media di Jepang mengabarkan, jalur baru itu akan dibangun dari kota Kabarovsk melintasi Selat Tartary dengan jembatan atau terowongan ke Pulau Sakhalin, sebuah pulau milik Rusia yang berukuran seluas Skotlandia.

Dari pulau itu, jalur kereta api kemudian menyambung hingga ke Pulau Hokkaido, Jepang lewat sebuah terowongan bawah laut di Selat Soya, seperti terowongan di Selat Channel antara Inggris dan Perancis.

Jika ambisi ini terwujud maka dimungkinkan perjalanan kereta api dari Tokyo hingga London di masa depan.

Harian Sankei Shimbun mengabarkan, sejumlah perusahaan di Jepang sedang mempertimbangkan terlibat dalam proyek ini bersama dengan pemerintah.

Sejumlah perusahaan yang tertarik ini nantinya akan mempelajari kemungkinan membangun jalur kereta api cepat di antara kota Kazan dan Vladivostok.

Rencana proyek besar ini sedang dipelajari termasuk bagaimana cara memasok peralatan, sistem sinyal dan jalur kereta api baru.

Jika rencana ini terwujud maka tak hanya akan meningkatkan arus lalu lintas komersial antara kedua negara tetapi juga meningkatkan turisme dan hubungan antara kedua bangsa.

Harian Sankei Shimbun juga mengabarkan bahwa Moskwa sebelumnya telah mengajukan sekitar 50 proyek kerja sama jangka panjang kepada Tokyo, termasuk pembangunan jembata energi untuk memasok listrik dari Rusia ke Jepang.

Sedangkan Tokyo sudah menawarkan delapan paket kerja sama ekonomi di delapan sektor. Hal inilah yang akan menjadi bahan diskusi ketika Presiden Rusia Vladimir Putin berkunjung ke Jepang pada Desember mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com