Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary: Saya Merasa Baik dan Segera Kembali Berkampanye

Kompas.com - 13/09/2016, 08:27 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton (68), Senin (12/9/2016), mengatakan, dia memang merasa "pusing" dan hilang keseimbangan tetapi tidak jatuh pingsan.

"Saya merasa pusing dan saya memang kehilangan keseimbangan untuk beberapa saat," kata Hillary kepada stasiun televisi CNN.

"Namun, begitu saya masuk ke dalam mobil, mendinginkan diri dan minum air, saya langsung merasa lebih baik," tambah Hillary.

Tak hanya merasa lebih baik, Hillary menegaskan bahwa dia akan kembali berkampanye dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya, sebuah video amatir merekam Hillary yang bersandar ke lengan ajudannya saat dia akan naik ke dalam sebuah minibus setelah menghadiri peringatan 11 September di "Ground Zero" New York, Minggu (11/9/2016).

Tim kampanye Hillary saat itu mengatakan, mantan ibu negara tersebut kelelahan akibat cuaca panas.

Kondisi ini membuat rivalnya, Donald Trump langsung mempertanyakan kelayakan kesehatan Hillary untuk menduduki posisi paling penting di Amerika Serikat.

Sementara itu, dokter pribadi Hillary, Lisa Bardack pada akhir pekan lalu menyebut Hillary didiagnosa menderita pneumonia dan mengalami dehidrasi.

Akibat kondisi kesehatan ini, Hillary terpaksa membatalkan rencana penggalangan dana di California serta kampanye di Nevada.

Dalam kampanye di Nevada, Rabu (13/9/2016), Bill Clinton akan hadir untuk menggantikan istrinya berkampanye.

Peristiwa ini memicu spekulasi baru terkait kesehatan Hillary yang oleh sebagian orang disebut menderita tumor otak, parkinson atau demensia.

Akar masalah soal kesehatan Hillary ini muncul pada 2012 menjelang akhir masa jabatannya sebagai menteri luar negeri.

Virus di peruut dan dehidrasi membuat Hillary pingsan dan harus mendapatkan perawatan intensif. Dokter sempat menyebut ada pembekuan darah di otak Hillary tetapi sesudahnya dokter mengatakan setelah menjalani pemeriksaan, Hillary dinyatakan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com